Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Andry The, Co-founder dan Chief Information Officer (CIO) KUPU.

Andry The, Co-founder dan Chief Information Officer (CIO) KUPU.

Tekan Pengangguran, KUPU Hadirkan Platform Job Matching para Pencari Kerja

Jumat, 3 Juni 2022 | 13:38 WIB
Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – KUPU, platform berbasis AI yang mempertemukan para pencari kerja dengan pemberi kerja melalui profil berbasis keterampilan yang dinamis dan progresif menawarkan solusi dalam memecahkan masalah pengangguran pasca-pandemi COVID-19. 

Disebutkan, pandemi telah menyebabkan rekor pengangguran tertinggi selama satu dekade di Indonesia, yakni sebesar 7,07%.

Advertisement

Co-founder dan CIO KUPU, Andry The menyampaikan, saat ini, di pasar kerja terlihat adanya tren pergeseran yang masif dari sistem perjanjian kerja formal ke informal. Hal tersebut terjadi karena pemberhentian atau pemotongan jam kerja terhadap jutaan karyawan di Indonesia. Untuk membekali para pencari kerja yang terdampak, KUPU menyediakan rangkaian kursus daring yang akan terus dikembangkan bagi para pengguna.

"Kami membangun platform digital inklusif yang memungkinkan setiap pengguna memiliki kesempatan unjuk diri dan menampilkan sisi terbaik mereka, bahkan dengan latar belakang dan resume yang minimal. KUPU secara otomatis menerjemahkan matriks data perilaku pengguna ke dalam sebuah model yang akan menunjukkan keterampilan dan kemampuan mereka, sesuai dengan yang dibutuhkan para pemberi kerja. KUPU juga menawarkan beragam pilihan akses peningkatan keterampilan dan keuangan agar pencari kerja selalu siap serta pemberi kerja dapat menekan biaya pelatihan dan tingkat turnover karyawan. Kami terus berkembang untuk menawarkan pengalaman yang menyenangkan dan menarik bagi pengguna kami," kata Andry The dalam keterangan pers yang dikutip, jumat (3/6/2022).

Lebih lanjut dikatakan, topik dan kurikulum di platform KUPU dikembangkan secara internal oleh pakar materi pelajaran untuk disesuaikan dengan lebih dari 300.000 lowongan pekerjaan yang tersedia saat ini. 

Setelah pengguna berhasil menyelesaikan kursus yang dikemas dengan singkat dan menyenangkan—dengan total lebih dari 6.000 unit—mereka akan mendapatkan beragam badge yang akan ditampilkan di profil mereka. Badge tersebut berfungsi untuk mempertemukan mereka dengan lowongan pekerjaan yang paling sesuai dengan kemampuan dan keahlian mereka.

KUPU mengklaim, sejak soft launching pada September 2021, KUPU telah membantu mempertemukan lebih dari 500.000 pengguna di Ibu Kota Jakarta dengan pemberi kerja yang sesuai.

“KUPU menargetkan ekspansi ke wilayah Jabodetabek pada tahun 2022 dengan meluncurkan fitur menarik setiap bulannya. Selain itu, KUPU juga terus berkomitmen bekerja sama dengan pemerintah dalam inovasi dan transformasi digital serta menjadi solusi berkelanjutan menuju normalisasi pasar tenaga kerja,” pungkasnya.

Editor : Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

Sumber : PR

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN