Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
UOB Indonesia

UOB Indonesia

UOB Dorong Transformasi Digital UKM ASEAN

Senin, 4 Oktober 2021 | 15:06 WIB
Nida Sahara ( nida.sahara@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - United Overseas Bank Limited (UOB) menyadari semakin pentingnya digitalisasi dalam membangun bisnis yang berkelanjutan, terutama sejak merebaknya pandemi Covid-19. Untuk itu, UOB mendorong usaha kecil dan menengah (UKM) di ASEAN dalam transformasi digital dengan memanfaatkan pembayaran digital.

UOB memperluas layanan pembayaran nirkontak PayNow Corporate kepada para nasabah UKM, layanan tersebut juga memberikan kemudahan bagi konsumen dan merchants. Jumlah transaksi yang dilakukan melalui PayNow Corporate untuk nasabah UKM UOB tumbuh lebih dari 50 kali lipat pada kuartal I-2021, dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2019.

Kepada nasabah UKM juga ditawarkan sejumlah layanan yang lengkap dalam membantu UKM mendigitalkan usaha agar tetap menjadi relevan di era perekonomian digital. UOB BizSmart adalah solusi bisnis berbasis cloud yang terintegrasi dan mampu meningkatkan produktivitas.

Pada periode antara April 2020 dan Maret 2021, UKM yang telah memanfaatkan layanan UOB BizSmart mencatat pertumbuhan pendapatan antara 15 hingga 30%, dibandingkan dengan UKM yang belum memanfaatkan layanan tersebut. Hingga Maret 2021, lebih dari 10.000 UKM di Singapura, Malaysia, Thailand, dan Indonesia telah memanfaatkan UOB BizSmart sejak peluncurannya pada tahun 2016.

PayNow Corporate memungkinkan perusahaan, bisnis, lembaga Pemerintah Singapura, asosiasi, dan masyarakat untuk membayar dan menerima dana secara instan dengan menautkan Nomor Entitas Unik mereka yang diterbitkan di Singapura ke rekening bank Singapura mereka. Pelanggan ritel juga dapat melakukan pembayaran ke entitas ini dan sebaliknya.

UOB terus memperkuat kemampuan digital perusahaan, seperti mesin penjamin kredit berbasis analisis data yang berfungsi menilai dan merespons dengan cepat keperluan finansial UKM, terutama selama pandemi. "Selain memberikan dukungan, kami juga membantu nasabah UKM dalam bertransformasi ke ranah digital, meraih peluang antar negara, serta untuk tumbuh secara berkelanjutan demi menciptakan pertumbuhan jangka panjang," kata Deputy Chairman dan Chief Executive Officer UOB Wee Ee Cheong dalam keterangannya, Senin (4/10).

Membangun model usaha yang tangguh di tengah pandemi, UOB menyadari bahwa UMKM merupakan tulang punggung perekonomian di kawasan. Berangkat dari pemikiran tersebut, maka ketika pandemi Covid-19 mulai merebak, UOB bertindak cepat dalam menyalurkan bantuan. Pada bulan Februari tahun 2020, bahkan sebelum adanya upaya dari pemerintah manapun dalam penanganan pandemi, UOB telah mengumumkan bantuan senilai S$ 3 miliar bagi perusahaan-perusahaan yang terdampak.

UOB juga menjadi bank pertama yang membentuk satuan tugas yang berfungsi melakukan restrukturisasi dan telah secara aktif melibatkan klien dalam memahami tantangan mereka serta memberikan dukungan dalam mengelola kembali kebutuhan keuangan mereka. Hingga kini, UOB telah membantu lebih dari 20.000 usaha kecil dan menengah (UKM) di kawasan untuk terus menjalankan usaha mereka.

"Kami memahami berbagai tantangan yang dihadapi UKM ketika mengatasi permasalahan yang disebabkan pandemi. Kami juga senantiasa mendampingi nasabah dalam membantu mereka mengatasi krisis ini," ucap Wee Ee Cheong.

Dengan komitmen UOB mendukung UKM tetap survive di tengah pandemi Covid-19, UOB berhasil memperoleh penghargaan the World’s Best Bank for SMEs dalam ajang the Euromoney Global Awards for Excellence 2021. Penghargaan ini diperoleh berdasarkan konektivitas regional perusahaan yang kuat, serta kepiawaian dan dukungan perusahaan yang berkelanjutan bagi UKM sehingga memungkinkan mereka untuk pulih dan tumbuh kembali pasca pandemi.

Sebelumnya, UOB juga berhasil memenangkan sejumlah penghargaan lain terkait UKM seperti penghargaan sebagai the Best SME Bank di Singapura dan di Kawasan Asia Pasifik dalam ajang the Asian Banker’s Excellence in Retail Financial Services International Awards pada bulan Juni 2021.

"Penghargaan the Euromoney Global Awards for Excellence 2021 dari Euromoney World merupakan bukti dari upaya berkelanjutan yang dilakukan UOB dalam memahami kebutuhan nasabah UKM kami dan menjadikan hal ini sebagai hal utama dari solusi dan layanan yang kami tawarkan. Kami berkomitmen mendukung nasabah UKM kami di sepanjang siklus ekonomi dan market serta bekerja sama dengan mereka untuk membangun bisnis yang lebih tangguh dan berkelanjutan," imbuh dia.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN