Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
WNI yang baru kembali dari luar negeri dan pekerja migran tiba wisma atlet Pademangan, Jakarta Pusat, Rabu (7/10/2020). Foto: SP/Joanito De Saojoao.

WNI yang baru kembali dari luar negeri dan pekerja migran tiba wisma atlet Pademangan, Jakarta Pusat, Rabu (7/10/2020). Foto: SP/Joanito De Saojoao.

Yourpay Gandeng Chandra Remittance Perkuat Layanan Pengiriman Uang dari Pekerja Migran

Rabu, 16 Juni 2021 | 16:49 WIB
Lona Olavia

JAKARTA, Investor.id - Yourpay menjalin kerja sama strategis dengan Chandra Remittance untuk memperkuat layanan pengiriman uang dari para pekerja Indonesia yang mencari nafkah di Hong Kong.

CEO dan founder Yourpay Christilia Widjaja mengatakan, keputusan untuk menggandeng Chandra Remittance berdasarkan pertimbangan kedua perusahaan sama-sama menaruh perhatian yang besar atas kesulitan para pekerja Indonesia di luar negeri dalam mengirimkan uang ke keluarganya. Christilia menilai, Chandra Remittance merupakan salah satu penggerak dan pemerhati komunitas pekerja migran Indonesia yang terbesar di koridor migran Hong Kong. 

"Melalui kerja sama dengan Chandra Remittance ini, pekerja migran Indonesia di Hong Kong bisa mengisi saldo Yourpay secara tunai dan real time melalui semua cabang Chandra Remittance yang tersebar di seluruh Hong Kong. Nantinya dana tersebut bisa diambil dengan mudah oleh keluarganya di Indonesia melalui layanan kami," jelasnya dalam keterangan tertulis, Selasa (15/6).

Ia menambahkan, Yourpay diharapkan bisa menjadi katalisator bagi pekerja migran dan seluruh keluarganya agar melek literasi finansial. Lebih lanjut Christilia menuturkan harapannya agar Yourpay mampu memberdayakan pekerja migran yang secara mayoritas merupakan sesama ibu dan sesama perempuan.

Chandra Remittance sendiri didirikan oleh mantan pekerja migran asal Lombok, Chandra Wahyudi sejak 1996 dan kini melayani hampir  99% pekerja migran asal Indonesia untuk mengirim penghasilannya ke Tanah Air. 

Menurut Chandra, selama ini perusahaannya terus mencari mitra perusahaan finansial dari  Indonesia untuk melayani para pekerja tersebut.

"Saya percaya hanya layanan finansial dari Indonesia yang bisa melayani pekerja migran Indonesia dengan optimal. Karena itu kerja sama dengan Yourpay ini bisa membantu kami juga dalam berempati memperjuangkan dan memberi nilai lebih kepada sesama warga Indonesia khususnya komunitas migran," tutur Chandra.

Menurutnya, Yourpay bukanlah produk fintech yang pertama kali menjaring pasar migran Indonesia. Sebelumnya beberapa kali fintech dari negara lain telah menjajaki kerja sama dengan Chandra Remittance di Hong Kong. Tetapi baru dengan Yourpay memasuki kerja sama dalam posisi strategis dengan Chandra  Remittance. 

Christilia dan Chandra menuturkan kerja sama kedua perusahaan menjadi bentuk dukungan terhadap Hari Internasional Remitansi Keluarga atau International Day of Family Remittances (IDFR) yang diperingati PBB setiap tanggal 16 Juni.

Berdasarkan data PBB, IDFR mencatat lebih dari 200 juta pekerja migran mengirim uang ke lebih dari 800 juta anggota keluarganya setiap tahun. Sehingga muncul desakan inisiatif dalam Global Compact for Safe, Orderly and Regular Migration oleh PBB agar penyedia layanan finansial internasional bisa mengurangi biaya transfer dan mempermudah inklusi keuangan yang lebih besar melalui pengiriman uang.

Sebagai catatan, laporan Bank Dunia yang dirilis Mei 2021 mengungkapkan terjadinya penurunan remitansi seluruh pekerja migran tahun 2020 menjadi US$ 540 miliar dari sebelumny pada 2019 sebesar US$ 548 miliar. Penurunan yang hanya sebesar 1,6% di tengah pandemi itu menjadi bukti bahwa di tengah kesulitan ekonomi global, para pekerja tidak memangkas kiriman uang kepada keluarga tercinta di rumah.

Editor : Totok Subagyo (totok_hs@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN