Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
ADRIAN GUNADI,  Co-Founder & CEO Investree. Foto: Investor Daily/EMRAL

ADRIAN GUNADI, Co-Founder & CEO Investree. Foto: Investor Daily/EMRAL

Gandeng AKEN, Investree Penetrasi Pembiayaan untuk UMKM di LPSE

Jumat, 22 Juli 2022 | 17:36 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

JAKARTA, Investor.id  - PT Investree Radhika Jaya (Investree) baru-baru ini meresmikan kemitraan dengan Asosiasi Katalog Elektronik Nasional (AKEN). Kemitraan ini membuka akses Investree untuk memperluas pembiayaan kepada UMKM di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) atau E-Katalog.

Adapun dalam lingkup kerjasama ini, AKEN memfasilitasi kebutuhan pelaksanaan pekerjaan UMKM yang sudah dimenangkan melalui Lembaga Kebijakan Pengadaan Pemerintah (LKPP)/E-Katalog secara digital. AKEN kemudian membantu UMKM tersebut mendapatkan akses permodalan melalui platform Investree.

Chief Sales Officer Investree Salman Baharuddin mengatakan, pada bulan Maret lalu, Investree telah menginisiasi kolaborasi dengan Kadin Semarang untuk penyaluran pembiayaan bagi para pemenang tender dari LPSE dan LKPP. Kolaborasi bersama AKEN bakal memperluas jangkauan perusahaan dalam membantu UMKM dan secara khusus UMKM yang bergerak melalui platform LPSE/E-Katalog.

"Hal ini menunjukkan kesatuan dalam memperkuat komitmen untuk membantu pelaku UMKM melalui proses digital yang mudah dan cepat serta mengembangkan ekosistem digital untuk kedepannya," ungkap Salman dalam keterangannya, Jumat (22/7).

LKPP/E-Katalog tidak hanya menawarkan jasa dan barang produk industri besar. Sektor tersebut juga memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh pelaku UMKM yang berada di seluruh Indonesia untuk menawarkan produk dan layanan yang dapat diakses oleh pemerintah.

Sejak 2020 sampai 2022, terdapat 12,881 UMKM telah terdaftar bergabung dalam platform Investree. Pada pertengahan 2022, tercatat Investree berhasil menyalurkan pembiayaan sebanyak Rp1,9 triliun kepada borrower yang terdaftar dalam platform Investree. Angka tersebut naik 27.12% year on year (yoy) dari pembiayaan yang tersalurkan pada pertengahan 2021 lalu.

"Sejauh ini kami memiliki sekitar 10,5 ribu borrower aktif dan telah berhasil menyalurkan pinjaman sebesar Rp 12,11 triliun, terhitung kumulatif sejak pertama kali Investree berdiri," tambah Salman.

Dia menambahkan bahwa Investree bangga menyambut AKEN sebagai rekanan strategis dalam mendukung terus tumbuhnya UMKM di Indonesia. AKEN sendiri merupakan wadah komunikasi antara retailer, distributor, dan pemegang merk (principal), sekaligus menjembatani hubungan antar pelaku usaha di industri Katalog Elektronik (E-Katalog) dengan mitra industri secara berkesinambungan, termasuk diantaranya dengan pihak pemerintahan

Editor : Fajar Widhi (fajar_widhi@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN