Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
ADRIAN GUNADI,  Co-Founder & CEO Investree. Foto: Investor Daily/EMRAL

ADRIAN GUNADI, Co-Founder & CEO Investree. Foto: Investor Daily/EMRAL

Fintech P2P Lending

AFPI Harapkan Limit Pembiayaan di Atas Rp 2 Miliar

Prisma Ardianto, Jumat, 23 Agustus 2019 | 07:30 WIB

JAKARTA, investor.id – Asosisasi Fintech Pembiayaan Bersama Indonesia (AFPI) akan memberikan rekomendasi ke Otoritas jasa Keuangan (OJK), agar batas maksimal (limit) pembiayaan bagi penyelenggara financial technology (fintech) peer to peer (P2P) lending bisa lebih dari Rp 2 miliar.

Ketua Umum AFPI Adrian Gunadi menjelaskan, rekomendasi tersebut masih terus dikaji oleh asosiasi. Salah satu kajian adalah denagn melihat relevansi dari regulasi Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 77/POJK.01/2016 pada Pasal 6 terhadap kondisi pasar saat ini.

Adapun regulasi tersebut mengatur batas maksimal pemberian pinjaman dana. Dalam Pasal 6 diatur batas maksimum total pinjaman dana oleh fintech P2P lending sebesar Rp 2 miliar. Peminjam diperbolehkan meminjam kembali selama pinjaman sebelumnya sudah dilunaskan.

"Sekarang kalau dari sisi kami, pendekatannya adalah apakah limit itu masih perlu atau tidak. Kami lebih ke arah itu, karena segmennya beda-beda dan itu menjadi pertanyaan. Nanti keputusannya di OJK," kata Adrian di Jakarta, Kamis (22/8/2019).

Dia mengatakan, beberapa negara tidak mematok limit dalam batas maksimal pembiayaan, tapi dilakukan berdasarkan segmen yang dibiayai. Melihat hal tersebut, asosiasi akan menyampaikan rekomendasi pada akhir Agustus 2019 ke OJK.

Baca selengkapnya di https://subscribe.investor.id/

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA