Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Airlangga Hartarto. Foto: DAVID

Airlangga Hartarto. Foto: DAVID

Luncurkan Buku “Merajut Asa”

Airlangga: Industri Rakyat akan Semakin Eksis pada Era Digital

Abdul Aziz, Rabu, 16 Oktober 2019 | 08:15 WIB

JAKARTA, Investor.id-Menteri Perindustrian (Menperin) yang juga Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto meluncurkan buku berjudul Merajut Asa. Lewat buku tersebut, Airlangga mengajak masyarakat untuk terus mengobarkan harapan bahwa industri rakyat akan semakin eksis pada era digital, bukan sebaliknya.

Airlangga juga mengajak masyarakat menjadikan internet sebagai jembatan untuk meningkatkan kesejahteraan. Selain itu, ia wanti-wanti meminta para pelaku bisnis, khususnya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), tidak terjebak menjadi pedagang semata, melainkan harus menjadi industriawan andal.

“Dengan menjadi industriawan, mereka akan memberikan nilai tambah tinggi terhadap perekonomian nasional, terutama dalam membuka lapangan kerja, menurunkan angka pengangguran dan kemiskinan, serta mendorong pertumbuhan ekonomi,” kata Airlangga Hartarto pada peluncuran buku Merajut Asa di Aula Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Jakarta, Senin (14/10) malam, yang dihadiri para tokoh nasional dan pimpinan media massa.

Menurut Airlangga Hartarto, revolusi industri 4.0 merupakan peluang emas untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Ekonomi digital yang berkembang sekarang ini menghasilkan nilai perdagangan sampai US$ 40 miliar. Bahykan dalam 10 tahun mendatang, nilainya diperkirakan meningkat menjadi US$ 133 miliar,” ujar dia.

Yang perlu dilakukan Bangsa Indonesia, kata Airlangga, adalah mempersiapkan diri menghadapi masa depan yang lebih prospektif. “Kita harus berlomba-lomba untuk menjadi manusia yang produktif, bukan sebaliknya menjadi masyarakat yang destruktif," tegas dia.

Wujud Intelektualitas

Ketua DPP Golkar Bidang Ekokraf Ricky Rachmadi mengaku bangga atas kehadiran buku Airlangga. Buku Merajut Asa membuktikan bahwa Airlangga adalah seorang intelektual sejati.

“Di tengah kesibukannya sebagai menperin dan memimpin Partai Golkar, ia masih sempat menuangkan ide-idenya yang sangat dibutuhkan bangsa ini,” tutur Ricky.

Ricky Rachmadi juga mengapresiasi besarnya perhatian dan komitmen Airlangga dalam memajukan UMKM di Tanah Air. “Dalam semangat dan cita-citanya, Airlangga ingin UMKM Indonesia terus berkembang, bahkan menjadi ujung tombak ekonomi bangsa pada era internet ini, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat,” papar dia.

Ricky menambahkan, lewat bukunya, Airlangga Hartarto mengingatkan semua pihak bahwa UMKM bisa menjadikan bangsa ini mandiri dan berdaya saing global.

“Airlangga juga mengingatkan kita semua bahwa bangsa ini tidak boleh melupakan ekonomi kerakyatan, terutama yang berbasiskan pertanian dan peternakan,” tandas Ricky.

Itu sebabnya, menurut Ricky Rachmadi,  kementerian-kementerian strategis, seperti Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Pertanian ke depan harus dipimpin figur yang memiliki komitmen dan moralitas baik. "Terutama Kementerian Perdagangan, harus dipimpin figur yang mengutamakan jiwa dan semangat nasionalisme,” ucap Ricky.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA