Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Co Founder & CEO Modal Rakyat Stanislaus M C Tandelilin saat menjelaskan penyaluran pembiayaan untuk Copa de Flores di Jakarta, Selasa (13/8). (Investor Daily/Prisma Ardianto)

Co Founder & CEO Modal Rakyat Stanislaus M C Tandelilin saat menjelaskan penyaluran pembiayaan untuk Copa de Flores di Jakarta, Selasa (13/8). (Investor Daily/Prisma Ardianto)

Akumulasi Pembiayaan Modal Rakyat Tembus Rp 500 Miliar

Minggu, 13 September 2020 | 15:13 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Modal Rakyat mencatatkan penyaluran pembiayaan lebih dari Rp 500 miliar pada 10 September 2020. Nilai tersebut disalurkan kepada lebih dari 4.000 penerima pinjaman (borrower) yang terdiri dari usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Berdasarkan data Modal Rakyat sampai 10 September 2020, penyelenggara fintech p2p lending itu telah menyalurkan pembiayaan mencapai Rp 502 miliar. Nilai itu kembali meningkat menjadi Rp 519 miliar per 13 September 2020. Dengan pembiayaan tahun berjalan sebesar Rp 399 miliar, dan tingkat keberhasilan 90 hari (TKB 90) sebesar 98,92%.

Sampai saat ini, total aplikasi pembiayaan tercatat sebanyak 25,6 ribu aplikasi. Adapun jumlah pemberi pinjaman (lender) pun menembus 45.000 lender, terhitung sejak berdiri dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Juni 2018.

Selain pencapaian pembiayaan, perseroan melakukan sedikit perubahan struktur manajemen. Posisi Direktur Utama diambil alih oleh Hendoko, menggantikan Stanislaus MC Tandelilin yang kini menempati posisi Direktur. Posisi Direktur atau Chief Technology Officer masih dipercayakan kepada Christian Hanggara.

Sedangkan jabatan Komisaris tidak ada perubahan, Wafa Taftazani sebagai Komisaris Utama) dan Hendra (Komisaris). Kini, perseroan pun telah memiliki kantor baru di Menara Prima, lantai 10, Kuningan, Kuningan Timur, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan.

Handoko menyampaikan, bersama dengan dua rekannya  saat mendirikan Modal Rakyat, pihaknya mengusung cita-cita untuk selalu partisipatif aktif dalam inklusi keuangan. Dalam pertumbuhannya secara organik, Modal Rakyat ternyata lebih memiliki positioning yang baik sebagai penyedia modal kerja kategori UMKM.

"Oleh karena itu setelah diskusi yang mendalam di antara kami bertiga, sejak awal tahun posisi nahkoda Modal Rakyat sebagai Direktur Utama diamanahkan ke saya, mengingat latar belakang expertise saya selama ini berkecimpung di dunia perbankan. Semoga dengan pertukaran posisi ini bisa membawa penyegaran dan membantu platform kami bertumbuh dengan lebih baik," terang dia.

Dia menambahkan, perjalanan Modal Rakyat masih panjang. Namun pihaknya akan terus berupaya meningkatkan kualitas baik dari sisi layanan maupun produk. Pencapaian yang saat ini adalah salah satu wujud nyata kontribusi masyarakat, termasuk para mitra. Ke depan, diharapkan semakin banyak peluang kolaborasi dan kerja sama untuk semakin meningkatkan pembiayaan UMKM.

Di sisi lain, Stanislaus mengatakan, Modal Rakyat kini perlu dipimpin oleh Direksi yang memiliki pengalaman mendalam di manajemen risiko kredit seperti Hendoko, agar kualitas portofolio kredit UMKM dapat terjaga baik. Apalagi pembiayaan telah menembus hingga Rp 500 miliar.

"Saya akan senantiasa mendukung beliau terutama dari sisi manajemen pemasaran, keuangan, dan relasi eksternal," ujar Stanis.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN