Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
ALAMI Tekfin.

ALAMI Tekfin.

BRI Syariah-ALAMI Bidik Pembiayaan Rp 40 Miliar

Senin, 11 Januari 2021 | 17:30 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

JAKARTA, Investor.id - Perusahaan fintech pinjaman pengguna ke pengguna atau peer to peer (P2P) lending syariah, ALAMI, meresmikan kerja sama pembiayaan channeling dengan PT Bank BRISyariah Tbk (BRI Syariah). Melalui kerja sama tersebut, kedua pihak menargetkan penyaluran pembiayaan  tahun ini sekitar  Rp 40 miliar.

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) kedua pihak dilakukan di Jakarta, Senin (11/1). Hal tersebut merupakan salah satu dari target komitmen ALAMI berkontribusi aktif memulihkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) selama pandemi, sekaligus mendukung momentum kebangkitan industri keuangan syariah di Indonesia.

Chief Executive Officer (CEO) ALAMI, Dima Djani menyatakan, pihaknya bersyukur telah mendapat kepercayaan dan amanah dari BRI Syariah untuk meneruskan manfaat kepada pelaku UMKM. Kerja sama itu diharapkan turut membangkitkan perekonomian Indonesia.

"Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Bank BRI Syariah yang telah memberi kepercayaan dan amanahnya kepada kami untuk meneruskan manfaat kepada pelaku UMKM. Kerja sama ini mudah-mudahan bisa mempercepat proses pemulihan UMKM yang terdampak pandemi serta membangkitkan perekonomian Indonesia,” tutur Dima dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin (11/1).

Sementara  itu,  Kepala Divisi Ritel Banking BRI Syariah, Elvera Melladiana mengungkapkan, pihaknya sangat terbuka dengan berbagai inisiatif yang sejalan dengan visi perbankan. Salah satu faktor yang membuat perseroan mantap menjalin kemitraan dengan ALAMI adalah jejak rekam (track record) yang positif, baik dari sisi pendana, maupun potensi proyek-proyek di dalamnya.

Menurut dia, kerja sama BRI Syariah dengan ALAMI merupakan bentuk kesadaran perusahaan bahwa disrupsi teknologi oleh startup harus disikapi dengan sangat positif.  Adapun target penyaluran pembiayaan channeling dari BRI Syariah bersama ALAMI pada 2021 mencapai Rp 40 Miliar.

"Bank BRI Syariah telah melayani nasabah UMKM dari berbagai tingkat permodalan. Kami menyadari, untuk bisa mencapai target penyaluran pembiayaan yang eksponensial, berkolaborasi dengan perusahaan- perusahaan fintech harus dilakukan. Ini demi mewujudkan akses pembiayaan syariah yang mudah, cepat, aman," tandas dia.

Jaga Risiko

Dima Djani menjelaskan, ALAMI selalu memprioritaskan pengembangan keamanan sistem dalam mengelola distribusi dana pemberi pinjaman (lender) dan peminjam (borrower) sebagai upaya memastikan kemitraan berjalan lancar dan aman.

"Salah satunya adalah melakukan assessment kepada pemilik proyek atau pelaku usaha, memastikan ada itikad baik, sampai penilaian performa keuangan untuk memastikan dalam kondisi baik," tutur dia.

Dia menambahkan, selama pandemi, pihaknya ingin mempermudah ruang gerak, baik bagi pendana maupun pemilik proyek agar jangan berhenti mencari solusi terbaik untuk mempertahankan dan mewujudkan mimpi mereka.

Menurut Dima, setelah Juni 2020, tren pengguna fintech lending yang sempat terdampak pandemi, mulai membaik. Beberapa sektor UMKM yang bergerak di jasa kesehatan dan telekomunikasi pada platform ALAMI merupakan menjadi salah satu yang memiliki potensi untuk berkembang signifikan.

Perihal risiko, Dima mengemukakan, ALAMI selalu memantau kondisi ekonomi nasional, termasuk regulasi pusat dan daerah, serta terus mencermati tren ekonomi global. "Dengan begitu, tingkat keberhasilan bayar 90 hari (TKB90) perseroan dapat dijaga sebaik mungkin. TKB90 kami saat ini masih di angka 100%," tegas dia.

Editor : Abdul Aziz (abdul_aziz@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN