Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi fintech: beritasatu.com/IST

Ilustrasi fintech: beritasatu.com/IST

Dukung Sektor Pendidikan, Pintek Luncurkan Pintek Instan

Kamis, 15 Oktober 2020 | 20:19 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id  - Fintech p2p lending PT Pinduit Teknologi Indonesia (Pintek) meluncurkan program pembiayaan bernama Pintek Instan. Program tersebut dihadirkan untuk meringankan beban orang tua terkait biaya pendidikan anak.

Co-Founder dan Direktur Utama Pintek Tommy Yuwono menyampaikan, pihaknya ingin turut menjadi pendorong bagi pertumbuhan sektor pendidikan di Indonesia. Lantaran pendidikan merupakan sebuah kunci dalam menciptakan sumber daya manusia unggul yang mampu menghadapi tantangan di masa yang akan datang.

"Pintek Instant diharapkan dapat memberikan pilihan cerdas bagi orang tua dalam kebutuhan pendidikan anak, mulai dari Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) hingga pembelian kebutuhan pendidikan jarak jauh seperti laptop maupun gadget lainnya," ujar dia lewat siaran pers, Kamis (15/10).

Dia menjelaskan, Pintek Instant merupakan upgrade program dan merupakan bagian dari Pintek Students, yang memberikan keringanan bagi orang tua agar dapat mencicil biaya pendidikan, mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini hingga Pendidikan Tinggi. Program tersebut tidak hanya untuk pembayaran SPP/uang sekolah, tapi juga dapat digunakan untuk semua tagihan sekolah, seperti uang buku, e-learning, wisuda, skripsi, dan sebagainya.

Tommy menerangkan, Inisiatif Pintek Instant diawali dari permasalahan yang dihadapi oleh orang tua selama pandemi. Menteri Nadiem Makarim mengatakan bahwa sekolah swasta menjadi institusi yang paling rentan terhadap krisis. Kemendikbud menerima banyak keluhan terkait terkait penundaan pembayaran sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) karena banyak orang tua yang tidak mampu membayar dikarenakan berkurang atau hilangnya mata pencaharian.

"Sejak awal, kami menjaga komunikasi baik dengan mitra kami yaitu lembaga pendidikan swasta. Melalui tim kami yang melakukan pendekatan di lapangan, memang banyak ditemukan adanya kesulitan pemenuhan kebutuhan pendidikan bagi orang tua peserta didik tingkat SD hingga SMA. Menyadari hal tersebut, kami ingin membantu permasalahan tersebut," lanjut Tommy.

Dia mengungkapkan, Pintek Instant dapat dipergunakan untuk pembiayaan ke sekolah seperti uang pangkal, SPP, buku, laptop, dan kebutuhan pendidikan lainnya. Pintek Instant mempunyai limit pinjaman hingga 5 juta rupiah dengan tenor mulai dari 30 hari hingga 3 bulan dengan bunga ringan, mulai dari 0%.

Adapun syarat pengajuan dapat dilakukan dengan mudah dengan menggunakan KTP.

Dengan demikian, sambung Tommy, Pintek Instant diharapkan dapat membantu orang tua dalam memberikan rasa aman dalam memberikan pendidikan terbaik bagi anak. Pintek juga mengundang seluruh lembaga pendidikan untuk bekerja sama  dalam memberi fasilitas ini ke seluruh orang tua murid serta bermitra dengan perusahaan Education Technology.

Di sisi lain, Ketua Harian Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) Kuseryansyah mengatakan, kini teknologi finansial khususnya p2p lending telah menyasar berbagai sektor di Indonesia, termasuk sektor pendidikan. Pihaknya berharap dengan adanya inovasi yang telah dilakukan oleh Pintek dapat meningkatkan kontribusi fintech lending terhadap sektor pendidikan di Indonesia.  

Berdasarkan data di laman resmi Pintek, perseroan telah mencatatkan akumulasi pembiayaan mencapai Rp 63,7 miliar, sebesar Rp 26,4 miliar pembiayaan disalurkan pada tahun ini. Fintech p2p lending yang memang fokus pada pembiayaan pendidikan itu telah membiayai sebanyak 2.683 borrower. Dengan Tingkat keberhasilan 90 hari (TKB 90) di level 99,90%.

"Kami mendukung penuh Pintek melalui Pintek Instant dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat di Indonesia untuk akses kredit diharapkan dengan adanya inovasi dapat berkontribusi terhadap peningkatan inklusi keuangan di Indonesia," tandas dia.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN