Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi fintech: beritasatu.com/IST

Ilustrasi fintech: beritasatu.com/IST

Modalku Salurkan Pembiayaan Produktif Rp 760 Miliar

Rabu, 18 November 2020 | 17:04 WIB
Prisma Adrianto

JAKARTA, investor.id - Penyelenggara teknologi keuangan (financial technology/fintec) p2p lending Modalku telah menyalurkan pembiayaan produktif mencapai Rp 760 miliar. Nilai itu diberikan kepada lebih dari 26 ribu pengusaha daring (online) di Indonesia

Co-Founder & COO Modalku Iwan Kurniawan mengatakan, pihaknya terus menunjukkan kontribusinya untuk mendukung UMKM di tengah pandemi ini, termasuk pengusaha online. Perseroan menyediakan fasilitas pinjaman tanpa agunan hingga Rp 250 juta kepada pengusaha online yang berjualan di berbagai platform, termasuk e-commerce, media sosial, aplikasi pesan, serta platform digital lainnya.

Di Indonesia, kata dia, para pengusaha juga sudah mulai beralih ke platform digital untuk memenuhi permintaan konsumen yang terus tumbuh. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya pencarian kata kunci terkait penjualan online hingga lima kali lipat di mesin pencari web.

"Modalku terus berupaya untuk menjadi perusahaan fintech terpilih bagi UMKM di Indonesia. Peningkatan penggunaan layanan digital di masyarakat selama masa pandemi ini turut mempengaruhi perkembangan bisnis pengusaha online," ujar Iwan melalui siaran pers, Rabu (18/11).

Iwan mengungkapkan, pendapatan dari penjualan online di Indonesia juga terbukti mengalami pertumbuhan sebesar 54% dibanding tahun 2019. Potensi tersebut menjadi motivasi tersendiri bagi Modalku untuk bisa menjangkau lebih banyak pengusaha online di Indonesia.

Sampai saat ini, sambung dia, kategori platform digital yang digunakan untuk berjualan oleh pengusaha online sebagai penerima pinjaman (borrower) di Modalku sangat beraneka ragam. Nominal pinjaman yang diajukan oleh peminjam juga bervariasi, hingga Rp 250 juta, dengan rata-rata nominal sekitar Rp 25 juta.

Adapun para pengusaha online bisa mengajukan pinjaman dengan proses persetujuan yang cepat, maksimal tiga hari kerja setelah dokumen dilengkapi. Bunga pinjaman yang dikenakan juga rendah, dimulai dari 2% per bulan yang akan ditentukan berdasarkan profil risiko dari masing-masing pengusaha.

Sementara itu, Fifih, salah satu pengusaha online yang juga menjadi borrower di Modalku mengatakan, fasilitas pinjaman yang diberikan oleh Modalku sangat membantu untuk penambahan stok barang usaha yang bergerak di bidang aksesoris dan alat kesehatan. "Selama masa pandemi ini, saya sudah melakukan transaksi pinjaman beberapa kali di Modalku. Hasilnya, bisnis saya mengalami kenaikan omzet sebesar 30% dengan adanya penambahan modal dari Modalku," jelas dia.

Selain di Indonesia, Modalku juga beroperasi di Singapura dan Malaysia dengan nama Funding Societies. Sampai saat ini, Grup Modalku telah berhasil mencapai penyaluran pinjaman usaha sebesar Rp 18,8 triliun.

 

Editor : Eva Fitriani (eva_fitriani@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN