Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Cleosent Randing, founder PasarPolis

Cleosent Randing, founder PasarPolis

Pasar Polis Raih Pendanaan Seri B US$ 54 Juta

Rabu, 2 September 2020 | 22:37 WIB
Aris Cahyadi (aris_cahyadi@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Pasar Polis Indonesia, perusahaan insurance technology (insurtech) mendapatkan pendanaan Seri B sebesar US$ 54 juta atau melampaui target awal perusahaan. Komitmen investasi ini akan dimanfaatkan untuk mewujudkan visi dan rencana pertumbuhan bisnisnya yang agresif.

Founder dan CEO Pasar Polis Cleosent Randing mengatakan, para investor yang berpartisipasi kali ini yakni LeapFrog Investments, SBI Investment, Intudo Ventures, AlphaJWC, serta perusahaan global Xiaomi. Investor pada putaran Seri A juga kembali berpartisipasi dalam pendanaan kali ini. "Pendanaan itu menjadi yang pendanaan Seri B terbesar bagi perusahaan insurtech di Asia Tenggara," kata Cleo dalam konferensi pers virtual, Rabu (2/9).

Cleosent Randing, Founder dan CEO Pasar Polis. Foto: Investor Daily/IST
Cleosent Randing, Founder dan CEO Pasar Polis. Foto: Investor Daily/IST

Menurut Cleo, LeapFrog Investments akan mendukung komitmen perseroan dalam membuka akses asuransi seluas-luasnya. Lalu, Xiaomi akan membantu Pasar Polis dalam menyediakan produk asuransi secara lebih holistik dan mudah diakses melalui ponsel pintar dan perangkat lainnya atau mobile-first insurance.

Dia menjelaskan, sejak pendanaan Seri A pada Agustus 2018, Pasar Polis telah mencatat pertumbuhan penjualan polis hingga lebih dari 80 kali lipat. Selain itu, jumlah mitra strategis Pasar Polis juga bertambah empat kali lipat dalam periode yang sama.

"Hasil pendanaan akan digunakan Pasar Polis untuk terus mengembangkan produk perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat lewat teknologi AI dan big data. Pasar Polis juga akan terus meningkatkan penetrasi asuransi di negara-negara operasionalnya dengan memperluas jaringan keagenan yang kini telah mencapai 10.000 agen," ungkap Cleo.

Adapun pada 2019, Pasar Polis menerbitkan lebih dari 650 juta polis untuk masyarakat yang belum atau jarang menggunakan layanan asuransi, termasuk pengemudi ojek online, kurir pengiriman barang, dan pelaku UMKM online. Pasar Polis berkolaborasi dengan lebih dari 30 perusahaan asuransi di Asia Tenggara.

Fernanda Lima. Foto: IST
Fernanda Lima. Foto: IST

Sementara itu, Partner LeapFrog Investments Fernanda Lima mengatakan, Pasar Polis masih memiliki peluang yang sangat besar untuk memperluas jangkauan layanannya serta untuk menciptakan dampak sosial yang positif. Hal tersebut, lanjut dia, antara lain terindikasi dari jumlah pelanggan baru yang melebihi 4 juta pelanggan pada Juni 2020 saja, yang dilayani bersama lebih dari 30 perusahaan asuransi dan 25 partner digital.

"Sebagai wujud dari komitmen kami, LeapFrog Investments akan membantu Pasar Polis meningkatkan customer insights, kapabilitas untuk inovasi produk, serta ekspansi ke pasar lain," kata Fernanda.

Kepercayaan yang diterima oleh Pasar Polis dari para investor lokal dan global tersebut mendapatkan sambutan positif dari Kemenko Perekonomian RI dan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Asisten Deputi Pengembangan Ekonomi Digital Kemenko Perekonomian RI Rizal Edwin mengungkapkan, hal tersebut menjadi bukti nyata perusahaan anak bangsa tetap bisa bersaing dan memiliki peluang strategis meski di tengah pandemi seperti saat ini. "Capaian ini sejalan dengan tujuan dan strategi pemerintah untuk tetap menciptakan iklim investasi yang sehat guna mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Kami pun berharap agar kabar positif ini dapat turut menumbuhkan optimisme dalam membangkitkan kembali perekonomian tanah air di tengah periode yang menantang ini," kata Rizal.

Adapun hingga saat ini Pasar Polis telah membangun jaringan keagenan yang mencakup lebih dari 10.000 agen di tiga negara, yaitu Indonesia, Vietnam, dan Thailand.

Editor : Aris Cahyadi (aris_cahyadi@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN