Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Bank BCA. Foto: Investor Daily/DOK

Bank BCA. Foto: Investor Daily/DOK

Salurkan Kredit UMKM, BCA Gandeng Fintech Modalku

Selasa, 28 Januari 2020 | 14:28 WIB
Nida Sahara ( nida.sahara@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menjalin kerja sama dengan fintech peer-to-peer lending (P2P) yakni PT Mitrausaha Indonesia Grup (Modalku) untuk mendukung sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan memberikan kredit melalui Modalku. Hal tersebut karena UMKM sebagai salah satu motor penggerak perekonomian Indonesia.

Excecutive Vice President (EVP) Commercial Business & SME BCA Liston Nainggolan mengungkapkan, kerja sama dengan Modalku merupakan langkah yang strategis sebagai bentuk komitmen perseroan mendorong bisnis UMKM. Industri perbankan tentunya tidak menutup mata dengan kehadiran fintech yang turut membantu dalam mendorong perekonomian yang inklusif, khususnya bagi perkembangan UMKM di Indonesia.

“Kami mencermati bahwa BCA dan Modalku berada pada interface teknologi yang sama. Oleh karena itu, BCA mendukung pembiayaan debitur-debitur UMKM yang ada di Modalku sehingga mampu untuk terus bertumbuh secara mandiri,” ucap Liston dalam keterangan tertulis yang diterima Investor Daily, Selasa (28/1).

Reynold Wijaya, pendiri dan CEO PT Mitra Usaha Indonesia Grup (Modalku). Investor Daily/IST
Reynold Wijaya, pendiri dan CEO PT Mitra Usaha Indonesia Grup (Modalku). Investor Daily/IST

Modalku menghubungkan UMKM berpotensi dengan pemberi pinjaman modal usaha tanpa jaminan hingga 2 miliar rupiah per peminjam yang didanai oleh pemberi pinjaman platform melalui pasar digital. Sejak Desember 2019, BCA telah menjalinkerja sama penerusan pinjaman kepada UMKM melalui Modalku sehingga dapat memberikan kemudahan akses pinjaman kepada berbagai pelaku UMKM yang belum terjangkau dan layak mendapatkan kesempatan untuk berkembang.

Bagi bank besar seperti BCA, cukup sulit untuk menyalurkan kredit pada sektor UMKM karena BCA juga bukan bank yang fokus pada sektor tersebut. Oleh karena itu, kerja sama dengan fintech lending menjadi solusi bagi perseroan untuk tetap bisa menyalurkan kredit UMKM tanpa takut berisiko, karena core business fintech memang menyasar UMKM.

"Kolaborasi BCA dengan Modalku diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi pemberdayaan masyarakat Indonesia dari sektor UMKM dalam menghasilkan produk-produk unggulan yang memiliki kualitas daya saing yang tinggi," tambah Liston.

Sementara itu, Co-Founder & CEO Modalku Reynold Wijaya mengungkapkan, melalui visi yang sejalan dalam meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia, hal ini menjadi kesempatan yang tepat bagi Modalku untuk menjangkau lebih banyak UMKM. Pihaknya juga merasa terhormat dapat bekerja sama dengan BCA sebagai bank swasta terbesar di Indonesia.

"Semakin tinggi inklusi keuangan serta UMKM yang memperoleh akses terhadap layanan dan jasa finansial, maka pertumbuhan ekonomi akan meningkat," tambah Reynold.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN