Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Segera hapus SMS/WA yang menawarkan pinjaman, sebab bisa dipastikan hal tersebut pinjaman online ilegal

Segera hapus SMS/WA yang menawarkan pinjaman, sebab bisa dipastikan hal tersebut pinjaman online ilegal

Stop Meminjam dari Pinjaman Online Ilegal

Rabu, 23 Juni 2021 | 08:00 WIB
Windarto

Jakarta, Investor.id – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengingatkan masyarakat bila memperoleh tawaran pinjaman online (pinjol) melalui layanan pesan singkat (SMS) atau Whatsapp (WA) sebaiknya diabaikan, segera dihapus dan blokir nomor pengirimnya. Betapapun tawaran yang dijanjikan menarik seperti bunga rendah dan proses mudah, sebab ini dapat dipastikan merupakan pinjol ilegal.

Disampaikan Juru Bicara OJK Sekar Putih Djarot, OJK melarang pinjaman online melakukan pemasaran melalui SMS atau WA tanpa persetujuan dari konsumen. Karena itu, masyarakat lebih baik mencegah secara dini dari jerat pinjol ilegal yang dapat menyulitkan bahkan menyengsarakan di kemudian hari.

Jika ada SMS atau WA yang menyertakan tautan (link), jangan diklik. Hal ini untuk mencegah nomor kontak terhubung dan ter-record ke website atau aplikasi dari pinjol ilegal tersebut sehingga tidak disalahgunakan.

Sekar pun mengingatkan, agar masyarakat tidak mudah tergiur dengan tawaran proses pencairan pinjaman yang cepat dan tidak perlu agunan apapun. Jika memang sedang membutuhkan dana pinjaman dan hendak mengajukan pinjaman online, hendaknya meluangkan waktu beberapa menit untuk memperoleh informasi mengenai legalitas pinjaman online tersebut. Apakah perusahaan tersebut terdaftar dan berizin di OJK. Caranya dengan menghubungi OJK di nomor 157, atau melalui WA di nomor 081 157 157 157, email konsumen@ojk.go.id, atau kunjungi website www.ojk.go.id

Penting pula diperhatikan, pinjamlah dana sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan kemampuan untuk melunasinya.

Editor : Maswin (maswin@investor.co.id )

Sumber : Majalah Investor

BAGIKAN