Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Acara wisuda secara daring. Foto ilustrasi: UMN

Acara wisuda secara daring. Foto ilustrasi: UMN

Dukung Penundaan Izin Wisuda Tatap Muka

Sabtu, 12 Desember 2020 | 11:41 WIB
Investor Daily (redaksi@investor.id)

Angka kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kota Malang cenderung terus naik. Mengutip sata Satgas, sampai saat ini di Kota Malang tercatat ada sebanyak 2.417 kasus konfirmasi positif Covid-19. Dari total tersebut, sebanyak 2.128 orang dinyatakan sembuh, sementara 248 orang dilaporkan meninggal dunia, dan sisanya masih berada dalam perawatan.

Oleh karena itu, kegiatan yang menghimpunan massa atau kegiatan yang berpotensi memuculkan kerumunan orang memang selayaknya ditunda sampai waktu lebih kondusif. Hal itu untuk mencegah potensi penyebaran SARS-CoV-2 dan peningkatan kasus Covid-19.

Sehubungan dengan hal itu, kami sebagai Arek Malang mendukung regulasi Pemerintah Kota Malang yang membatalkan rencana pelaksanaan wisuda tatap muka. Pembatalan izin wisuda tatap muka tersebut merupakan upaya untuk meminimalisasi penyebaran Covid-19 karena pada saat pelaksanaan wisuda berpotensi memunculkan kerumunan massa.

Sebagai contoh, jika dilakukan wisuda kepada 200 mahasiswa saja, dan dihadiri kedua orang tua wisudawan, maka akan ada kerumunan orang sebanyak 600 orang. Aturan itu merevisi rencana sebelumnya Pemerintah Kota Malang yang berencana memperbolehkan pelaksanaan wisuda secara tatap muka, dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dalam pelaksanaannya, pada akhir November 2020.

Seluruh rektor atau pimpinan perguruan tinggi negeri dan swasta do Kota Malang memang sebaiknya melaksanakan kegiatan wisuda di lingkungannya dengan sistem daring, dan tidak dilaksanakan secara tatap muka.

Syukurlah, respons kampus sangat baik. Universitas Islam Malang (Unisma), misalnya, menunda pelaksanaan wisuda tatap muka, yang sebelumnnya direncanakan pada 12-13 Desember, dan 19-20 Desember 2020.

Semoga kondisi segera memungkinkan kembali untuk wisuda tatap muka, asal kita tetap patuh melaksanakan protokol kesehatan dan suksesnya vaksinasi nasional.

Irwan Wirawan

Malan

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN