Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Petugas Sudin SDA DKI Jakarta membuat sumur resapan dangkal di kawasan Utan Kayu, Jakarta,  Foto ilustrasi: Joanito De Saojoao

Petugas Sudin SDA DKI Jakarta membuat sumur resapan dangkal di kawasan Utan Kayu, Jakarta, Foto ilustrasi: Joanito De Saojoao

Kesadaran Bangun Sumur Resapan

Kamis, 21 Oktober 2021 | 23:03 WIB
Investor Daily

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah daerah di Indonesia mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat/ petir dan angin kencang. Wilayah DKI Jakarta termasuk di dalamnya.

Maka, langkah pencegahan banjir saat musim hujan sekarang ini begitu mendesak dilakukan. Ada banyak langkah yang mesti dilakukan, terutama oleh pemerintah. Salah satunya adalah pemerintah merehabilitasi saluran air kota untuk mengatasi banjir lokal.

Pemerintah juga harus menambah luasan daerah resapan air berupa ruang terbuka hijau (RTH). Semakin luas RTH, semakin besar kemampuan daya serap air tanah untuk meredam banjir. Kabarnya, Pemprov DKI Jakarta akan membangun sekitar 1.000 sumur resapan air untuk mencegah banjir saat musim hujan serta menampung air hujan sebagai cadangan untuk musim kemarau.

Petugas Sudin SDA DKI Jakarta membuat sumur resapan dangkal di kawasan Utan Kayu, Jakarta, Rabu (18/11/2020). Foto:  SP/Joanito De Saojoao
Petugas Sudin SDA DKI Jakarta membuat sumur resapan dangkal di kawasan Utan Kayu, Jakarta,  Foto ilustrasi: Joanito De Saojoao

Perkantoran pun mestinya patuh dan penuh kesadaran diri untuk juga membangun sumursumur resapan. Aturannya sudah ada. Maka, tepat jika pemprov DKI akan bertindak tegas dengan mencabut izin perusahaan jika perkantoran mereka tidak memiliki sumur resapan, sesuai dengan standar ketentuan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang dimiliki.

Sidak mesti dilakukan untuk melakukan pemeriksaan sumur resapan di perkantoran-perkantoran, utamanya yang masuk dalam prioritas titik rawan banjir. Cek betul, apakah ada atau tidak pembangunan sumur resapan sesuai dengan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) perkantoran.

Semestinya, pembangunan sumur resapan ini tak semata patuh atau sekdar memenuhi aturan. Tetapi lebih dari dari merupakan kesadaran diri bahwa bencana banjir juga merupakan bagian dari dampak ulah manusia yang abai dalam melestarikan alam.

Oleh karena itu, kita semua punya kewajiban –dengan kapasitas yang kita miliki-- untuk ikut mencegah bahaya banjir.

Sutriono B

Jakarta

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN