Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Tugu Yogyakarta. Foto ilustrasi: Investor Daily/Gora Kunjana

Tugu Yogyakarta. Foto ilustrasi: Investor Daily/Gora Kunjana

Satu Pintu Masuk Yogyakarta

Minggu, 24 Oktober 2021 | 07:16 WIB
Investor Daily

Kasus positif Covid-19 memang menurun, tetapi tak berarti kita bisa abai dengan protokol kesehatan dan kewaspadaan. Tak ada euforia.

Dengan semangat itu pula, kami bisa memahami langkah Pemerintah Kota Yogyakarta yang berencana melakukan uji coba penerapan one gate system atau sistem satu pintu pada akhir pekan ini.

Teknisnya, seluruh bus pariwisata diwajibkan untuk masuk ke Terminal Giwangan terlebih dulu untuk mendapat izin masuk ke Kota Yogyakarta. Di Terminal Giwangan nantinya akan dilakukan sejumlah pe meriksaan terhadap dokumen kesehatan wisatawan, khususnya sertifikat vaksinasi dan jika sudah memenuhi syarat, maka bus akan diizinkan masuk ke Kota Yogyakarta.

Bus pun akan diberikan stiker yang menyatakan sudah memenuhi syarat dokumen perjalanan dan kartu parkir untuk meng akses salah satu dari tiga tempat khusus parkir (TKP) yang dibuka yaitu TKP Abu Bakar Ali, Senopati, dan Ngabean.

Tanpa stiker dan kartu parkir, maka bus pariwisata tidak akan bisa mengakses tempat khusus parkir di Kota Yogyakarta. Bus pun tidak akan diizinkan parkir di sejumlah ruas jalan karena Pemerintah Kota Yogyakarta.

Rencana itu diharapkan bisa mencegah potensi penularan Co vid-19, ketika mobilitas masyarakat mulai dikendurkan menyusul penurunan level PPKM.

Namun, kami harapkan penerapan sistem ini bener-bener di ma tangkan lebih dulu dan di per siapkan seluruh teknis pelak sanaannya. Termasuk sosialisasi ke masyarakat, terutama ke pelaku pariwisata setempat.

Dengan demikian, sistem ini bisa sesuai harapan, membangkitkan pariwisata tetapi tetap terkendali.

Supriyanto K

Yogya

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN