Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tinjau Pintu Air Manggarai. Foto ilustrasi: BSTV

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tinjau Pintu Air Manggarai. Foto ilustrasi: BSTV

Antisipasi Banjir di Jakarta

Jumat, 24 September 2021 | 18:39 WIB
Investor Daily

Pekan ini hujan disertai angin kencang melanda Kota Depok, Jawa Barat. Banyak pohon tumbang, dan sejumlah bangunan rusak diterj ang hujan angin.

Sebaliknya, di wilayah Jakarta tidak terjadi hujan. Justru ketika intensitas hujan di Jakar ta belum tinggi, segala antisipasi terhadap potensi banjir perlu disiagakan dari sekarang. Apalagi, banjir di Jakarta bukan semata karena intensitas hujan di Jakarta saja, tetapi juga limpahan air hujan dari wilayah Depok dan Bogor.

Ketika hujan lebat merata di Jakar ta-Depok-Bogor, potensi risiko genangan bahkan banjir menjadi lebih tinggi manakala saluran air dan danau tak dinormalisasi- naturalisasi.

Kami berharap Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah pula menyiapkan peralatan dan personil guna mengantisipasi potensi bencana banjir di Jakarta pada musim hujan.
Sejumlah program pencegahan dan pengendalian banjir, di antaranya pengerukan, pembuatan waduk, situ, dan embung, dipastikan sudah dijalankan pula. Sudah pula disiapkan pompa untuk menyedot air yang layak fungsi. Semuanya perlu disiapkan untuk pencegahan menghadapi musim hujan.

Perlu dilakukan geladi kesiapsiagaan menghadapi banjir. Apalagi, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), musim hujan diperkirakan terjadi pada Oktober-Desember, dan puncaknya diperkirakan pada Januari-Februari 2022.

Bak pepatah, sedia ayung sebelum hujan, segala antisipasi bahaya banjir perlu dilakukan dari sekarang.

Junadi A

Jakarta

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN