Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Industri Media menyerukan #AmanDiRumah & #MediaLawanCovid19.

Industri Media menyerukan #AmanDiRumah & #MediaLawanCovid19.

Disiplin Jaga Interaksi Fisik

Investor Daily, Jumat, 27 Maret 2020 | 09:47 WIB

Pembatasan sosial (social distancing) menjadi satu di antara imbauan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Coronavirus Diseases 2019 (Covid-19) di Tanah Air. Imbauan ini juga mengacu instruksi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Sebab, virus Corona sangat mudah menular. Cara penularan utama penyakit ini adalah melalui tetesan kecil (droplet) yang dikeluarkan pada saat seseorang batuk atau bersin.

Meski kini masyarakat mulai akrab dengan istilah social distancing, WHO menyarankan menggunakan istilah physical distancing (pembatasan interaksi fisik) sebagai bagian pencegahan level masyarakat dan individu.

Bersatu melawan Korona
Bersatu melawan Korona

Mengutip Pedoman Penanganan Cepat Medis dan Kesehatan Masyarakat Covid -19 di Indonesia, yang termasuk jaga jarak fisik (physical distancing) adalah, dilarang berdekatan atau kontak fisik dengan orang dengan cara mengatur jarak terdekat sekitar 1-2 meter, tidak bersalaman, tidak berpelukan dan berciuman.

Hindari penggunaan transportasi publik (seperti kereta, bus, dan angkot) yang tidak perlu, sebisa mungkin hindari jam sibuk ketika berpergian.

Bekerja dari rumah, jika memungkinkan dan kantor memberlakukan ini. Dilarang berkumpul massal di kerumunan dan fasilitas umum. Hindari berkumpul teman dan keluarga, termasuk berkunjung atau bersilaturahmi tatap muka dan menunda kegiatan bersama.

Bersatu melawan Korona
Bersatu melawan Korona

Hubungi mereka dengan telepon, internet, dan media sosial. Gunakan telepon atau layanan online untuk menghubungi dokter atau fasilitas lainnya. Jika Anda sakit, dilarang mengunjungi orang tua atau lanjut usia. Jika tinggal satu rumah dengan mereka, hindari interaksi langsung dengan mereka.

Sebaiknya, kita mematuhi imbauan pemerintah ini. Apalagi bagi saudara-saudara kita berusia 60 tahun ke atas, memiliki penyakit komorbid (penyakit penyerta) seperti diabetes melitus, hipertensi, kanker, asma dan penyakit paru obstruksi kronik (PPOK), serta ibu hamil.

Bersatu melawan Korona
Bersatu melawan Korona

Hentikan penyangkalan, sudahi apatisme, sudahi politisasi soal virus Corona, mari bersama-sama jaga jarak fisik, tetapi tetap menjalin empati serta saling bantu dengan sesama warga bangsa Indonesia.

Jangan berharap semua masalah ini diselesaikan pemerintah sendiri, tapi apa yang bisa kita berikan untuk membantu sesama dan pemerintah. Ketika begitu, Anda adalah pahlawan.

Gatot Susetyo

Depok

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN