Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Tempat Hiburan Malam. Foto i;ustrasi: IST

Tempat Hiburan Malam. Foto i;ustrasi: IST

Jangan Ada Pembiaran Tempat Hiburan Malam

Sabtu, 4 Juli 2020 | 04:43 WIB
Investor Daily

Sebuah restoran di Jakarta diberitakan di media massa sudah mulai beroperasi sejak 8 Juni 2020 dengan kurang menerapkan protokol kesehatan.

Dari luar, tempat yang merupakan restoran tersebut diberitakan sudah menyediakan tempat cuci tangan (wastafel) di depan gedung berlantai dua, pemeriksaan suhu dengan thermo gun sebelum masuk ke ruangan utama di lantai dua, hingga pemberian cairan hand sanitizer oleh petugas.

Namun ketika ditelusuri lebih jauh ke dalam ruangan utamanya, terjadi berbagai pelanggaran mulai dari pengoperasian bar secara terbuka meski belum waktunya.

Ditambah diabaikannya protokol kesehatan, yang terlihat dari minimnya yang menggunakan masker hingga pengabaian physical distancing dari para pengunjung. Padahal, suasana saat ini masih berada di tengah pandemi Covid-19.

Sepakat dengan banyak pihak yang menyuarakan hal sama, kami juga mengharapkan tak ada pembiaran terhadap tempat hiburan malam di Jakarta_yang beroperasi di tengah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi.

Jam operasional pasar pertokoan dalam masa PSBB transisi. Foto: SP/Joanito De Saojoao
Jam operasional pasar pertokoan dalam masa PSBB transisi. Foto: SP/Joanito De Saojoao

Pemprov DKI Jakarta memperpanjang penerapan PSBB transisi fase 1. Perpanjangan kebijakan ini mesti kita pahami bersama sebagai semangat memprioritaskan keselamatan warga Jakarta.

Meskipun ada beberapa pelonggaran aktivitas masyarakat tetapi tetap harus memberlakukan pembatasan kapasitas, sehingga roda perekonomian kembali bergeliat dan potensi penyebaran Covid-19 juga bisa dicegah.

Jikapun ada pelonggaran aktivitas dan mobilitas warga, harus dengan pelaksanaan protokol kesehatan akan rentan menjadi tempat penularan Covid-19. Apalagi, tempat-tempat hiburan malam (diskotek, bar, griya pijat atau spa), seharusnya belum beroperasi saat PSBB transisi fase 1.

Yang terjadi, sudah ada tempat hiburan malam yang beroperasi serta beroperasi tanpa mengindahkan protokol kesehatan. Pemprov DKI mesti memperketat pengawasan industri hiburan malam itu.

Pemprov DKI harus tegas melakukan penindakan terhadap pelanggar aturan selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Ibu Kota. Terhadap pelanggar, semua mesti ditindak. PSBB dilakukan untuk keselamatan kita bersama.

Agus Tri

Jakarta

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN