Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Citarum Harum, program revitalisasi Sungai Citarum yang dikampanyekan Presiden Joko Widodo

Citarum Harum, program revitalisasi Sungai Citarum yang dikampanyekan Presiden Joko Widodo

Langkah Maju Program Citarum Bestari dan Harum

Investor Daily, Sabtu, 18 Januari 2020 | 12:34 WIB

Pemerintah sudah menjalankan program seperti Citarum Bestari dan Citarum Harum untuk memulihkan kondisi daerah aliran sungai (DAS) Citarum. Program itu mencakup upaya untuk membersihkan aliran sungai dari tumpukan sampah dan menghijaukan lahan-lahan kritis di daerah aliran sungai.

Program Citarum Harum tentu layak dilanjutkan. Sungai Citarum mengalir dari hulunya di Gunung Wayang, selatan kota Bandung mengalir ke utara dan bermuara di Laut Jawa. Ada delapan sub-Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum yang melewati Kota Bandung, yaitu Sungai Cibeureum, Sungai Citepus, Sungai Cikapundung, Sungai Cikapundung Kolot, Sungai Cicadas, Sungai Cipamokolan, Sungai Cinambo, dan Sungai Cidurian.

Di sepanjang aliran sungai-sungai tersebut, Pengawas Penegak Keadilan DAS Citarum rutin berpatroli dan mengangkat sampah dan memasang 18 unit jaring-jaring sampah. Ribuan ton sampah sudah dikeruk dari sungai, termasuk pengerukan sedimentasi dan penanganan limbah domestik.

Bukti bahwa masalah persampahan di sektor hulu masih perlu perhatian serius. Klaim Satgas Pengawas Penegak Keadilan DAS Citarum menyatakan bahwa tumpukan sampah di daerah aliran sungai itu mulai menyusut, tidak lagi seperti dua tahun lalu, ketika tumpukan sampah sungai sangat tebal sehingga orang bisa berjalan di atasnya. Tapi penanganan Citarum bukan hanya soal sampah, tapi mulai dari hulunya yang kritis.

Kita maklum bahwa penanganan masalah Sungai Citarum tidak mudah karena ada lebih dari 23 juta orang yang tinggal di sepanjang DAS Citarum.

Jadi, masih banyak pekerjaan rumah terkait penanganan Sungau Citarum. Maka dari itu, program- program yang pada prinsipnya mengajak warga secara keseluruhan ikut mengelola sampah agar tidak membebani lingkungan patut dikedepankan.

Jangan biarkan Sungai Citarum, sungai terpanjang di Jawa Barat, menjadi muara pembuangan sampah domestik maupun limbah industri.

Dede Hadinata

Bandung

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA