Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Gajah dan anaknya. Foto ilustrasi: IST

Gajah dan anaknya. Foto ilustrasi: IST

Mari Selamatkan Ekosistem Sumatera

Investor Daily, Sabtu, 15 Februari 2020 | 11:26 WIB

Lampung merupakan salah satu provinsi yang punya peran penting dalam rangka penyelamatan ekosistem Pulau Sumatera. Saya bisa mengatakan demikian karena Lampung memiliki dua kawasan taman nasional. Kedua taman nasional itu, yakni Bukit Barisan Selatan dan Taman Nasional Way Kambas.

Selain itu, Lampung juga memiliki Taman Hutan Raya Wan Abdul Rahman dan beberapa lokasi kawasan cagar alam, cagar alam laut dan cagar alam Gunung Anak Krakatau yang mendunia.

Menurut penilaian kami, kekayaan alam Indonesia merupakan aset dan sumber kehidupan bangsa dan negara. Tetapi aset itu terbatas, sehingga harus dikelola serta dipelihara secara benar dan sungguh-sungguh.

Karena itu, simpulan saya, dari membaca literatur dan pendapat penggiat pelestari lingkungan, kawasan konservasi Provinsi Lampung juga akan menjadi ekosistem kunci dalam penyelamatan hutan yang tersisa di Pulau Sumatera.

Oleh karena itu, saya turut mengajak para pemangku kepentingan untuk memulihkan status populasi sumberdaya alam hayati sehingga terhindar dari kepunahan.

Saya mengharapkan muncul banyak masukan dari berbagai pihak mengenai konservasi, pemanfaatan keanekaragaman hayati dan sumberdaya alam dalam pembangunan ekonomi dan sosial, serta nilai budaya masyarakat asli di Lampung.

Masukan ini diperlukan dalam rangka mengembangkan strategi untuk ekoturisme, pemanfaatan SDA, dan pengelolaan sumberdaya hutan berbasiskan masyarakat secara berkelanjutan.

Dengan demikian ada harapan agar konservasi ini segera dapat ditindaklanjuti. Demikian pula, bisa dilakukan pembinaan dan pengembangan masyarakat berkenaan dengan kawasan konservasi. Bagaimanapun, peran ser ta masyarakat adalah salah satu instrument penting yang harus disertakan. Masyarakat adat, masyarakat lokal, maupun lembaga swadaya masyarakat pantas untuk dilibatkan.

Bari S.

Lampung

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA