Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Warga melintas saat banjir melanda kawasan permukiman di Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (5/10/2020). Foto ilustrasi: SP/Joanito De Saojoao

Warga melintas saat banjir melanda kawasan permukiman di Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (5/10/2020). Foto ilustrasi: SP/Joanito De Saojoao

Pastikan Rumah Pompa Berfungsi

Selasa, 20 Oktober 2020 | 07:03 WIB
Investor Daily

Wilayah Jadebotabek sudah acap diguyur, bahkan dan antisipasi banjir harus disiagakan. Belum lama ini saat curah hujan lebat dan meluapnya sungai telah menyebabkan genangan di puluhan titik lebih.

Sehubungan dengan hal itu, segala bentuk antisipasi kejadian serupa mesti disiagakan. Termasuk di antaranya memastikan bahwa rumah pompa di setiap wilayah ber fungsi baik dan siap untuk meng antisipasi musim hujan serta mencegah banjir.

Mohon dilakukan pengecekan ulang dan dilakukan perawatan sarana pendukung di setiap rumah pompa agar berfungsi dengan baik. Sehingga tak ada masalah saat dibutuhkan. Jikalau pompa-pompa air dioperasikan menggunakan sambungan listrik yang bersumber dari PLN, mesti disiapkan genset untuk antisipasi situasi darurat.

Sehingga genset akan otomatis hidup apabila aliran PLN mati, dan sebaliknya. Secara teknis, info yang kami da patkan, air yang disedot melalui pompa akan ditampung terlebih da hulu di kolam penampungan sementara, lalu dialirkan ke kali terdekat. Maka, selain mengecek kondisi pompa, membersihkan kolam penampung air juga menjadi hal wajib dilakukan.

Kolam penampung mesti dijaga bersih dari sampah karena dapat mengganggu fungsi pompa.

Dan yang tak kalah penting, mo hon pengaturan petugas jaga rumah- rumah pompa dengan jumlah yang memadai dan dengan jadwal jaga yang terkelola dengan baik.

Semoga, kesiapan dan antisipasi ini bisa mencegah atau mengurangi potensi banjir.

Gunawan Wibisono

Jakarta

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN