Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pekerja mengemas paket bantuan sosial (bansos) yang akan disalurkan di Gudang Food Station Cipinang, Jakarta.  Foto ilustrasi: SP/Ruht Semiono

Pekerja mengemas paket bantuan sosial (bansos) yang akan disalurkan di Gudang Food Station Cipinang, Jakarta. Foto ilustrasi: SP/Ruht Semiono

Percepat Penyaluran Bansos

Investor Daily, Sabtu, 16 Mei 2020 | 10:31 WIB

Pemerintah menyatakan sudah menyalurkan bantuan sosial (bansos) Covid-19 ke 55% penduduk miskin maupun yang terdampak Covid-19. Penyaluran bansos belum menjangkau 100 persen warga terdampak. Padahal, pandemic Covid-19 sudah berlangsung lebih dari satu bulan.

Sehubungan dengan hal itu, jika masalahnya menyangkut data, ada baiknya pola koordinasi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (pemda) diperbaiki. Hal itu demi memastikan data warga yang seharusnya menerima bantuan sosial (Bansos) Covid-19 terlayani baik.

Koordinasi dan sinergi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah daerah perlu ditingkatkan. Pelibatan RT/RW dan Kepala Desa harus optimal.

Sinergi itu sangat penting dalam menyelesaikan masalah verifikasi dan validasi kemiskinan untuk penerima bantuan sosial agar cepat teratasi. Kami berharap persoalan data kemiskinan tersebut dapat diatasi dengan lebih baik, sehingga penyaluran bansos bisa menjangkau 100% penduduk miskin dan terdampak, bukan hanya 55%.

Kini, sistem pemutakhiran data seharusnya dapat berjalan dengan cepat. Pemanfaatan teknologi informasi yang berbasis digital harus dimaksimalkan.

Sudrajat Ali

Depok

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN