Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi sampah plastik

Ilustrasi sampah plastik

Sungai Brantas Tercemar Mikroplastik

Selasa, 14 Juli 2020 | 05:31 WIB
Investor Daily

Mimprihatinkan. Air sungai Brantas di Kota Kediri, Jawa Timur sudah tercemar mikroplastik. Hal itu terkonfirmasi dari hasil penelitian Ecological Obser vation and Wetlands Conservation (Ecoton).

Tim peneliti Ecoton menemukan sejumlah polutan berbahaya di sungai terpanjang ke dua di Pulau Jawa tersebut. Yakni di antaranya kandungan mi kroplastik. Padahal, mikroplastik dapat merusak ekosistem dan berbahaya bagi kesehatan manusia.

Data tersebut setidaknya menggambarkan persoalan darurat sampah plastik di Sungai Brantas perlu mendapat perhatian serius dari semua pihak. Jumlah sampah kian bertambah seiring pertambahan penduduk. Plastik berupa bekas botol, kantong keresek, dan ke masan lama-kelamaan menjadi mikroplastik yang sangat berbahaya jika termakan oleh ikan-ikan yang kemudian dikonsumsi manusia.

Apalagi plastic merupakan bahan yang baru akan terurai setelah be ratus-ratus tahun.

Karena karakteristiknya yang ta han lama, dapat terapung dan mampu mengakumulasi racun yang ada di sungai, plastik sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup biota sungai.

Sampah plastik selain menyebabkan pencemaran, juga bisa mengakibatkan penurunan kualitas perairan, kerusakan ekosistem, lambatnya pertumbuhan ikan dan kerugian ekonomi bagi masyarakat yang bermatapencaharian di tepian sungai.

Oleh karena itu, kerusakan ekosistem di Sungai Brantas ini perlu mendapat perhatian serius, karena kerusakan lingkungan perairan sungai akan menjadi malapetaka, baik saat ini maupun masa depan bila tidak diatasi secara simultan. Oleh karena itu, upaya pelestarian lingkungan sungai –termasuk su ngai-sungai di Tanah Air-- me rupakan program yang sangat strategisyang mendesak dilakukan agar tidak merugikan secara ekologis dan ekonomis.

Gatot Susanto

Surabaya

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN