Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Data Kematian Covid-19 s/d 3 Agustus 2021

Data Kematian Covid-19 s/d 3 Agustus 2021

Tidak Terlena atas Penurunan Kasus Covid-19

Rabu, 4 Agustus 2021 | 22:25 WIB
Investor Daily

Ada kabar baik di tengah belum terhentinya penularan Covid-19 di Tanah Air. Kabar itu tentang delapan provinsi yang sedang mengalami tren penurunan angka kasus penularan Covid-19 dalam tiga pekan terakhir. Menurut Satgas Penanganan Covid-19, kedelapan provinsi itu adalah Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, Bali, Maluku, dan Maluku Utara.

Hal itu mengindasikan beberapa aspek, tapi setidaknya bahwa ke bijakan pemerintah dalam mengen dalikan penularan Covid cukup efektif, adanya koordinasi dan sinergi yang apik antara pemerintah pusat dan daerah, hingga dukungan dari seluruh pemangku kepentingan untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan dan mengurangi mobilitas.

Hal itu mesti menjadi cerminan dan cambuk bagi daerah/provin si lain untuk mencapai kondisi serupa atau bahkan lebih baik. Terutama tiga wilayah di luar Pulau Ja wa-Bali yang sedang mengalami tren kenaikan kasus positif Covid dalam tiga pekan terakhir. Provinsi tersebut didominasi dari Pulau Suma tera, Kalimantan dan Sulawesi.

Sedangkan bagi kedelapan provinsi itu, jaganlah terlena. Kedelapan provinsi yang telah menunjukkan penurunan kasus Covid-19 itu juga mersti mempertahankan perkembangan positif ini. Jangan terlena karena mengalami penurunan. Tetap waspada karena jumlah kasus harian nasional, menurut Satgas Penanganan Covid, masih berada di angka 30 ribu.

Penerapan kebijakan penanganan Covid mesti konsisten, sehingga dampaknya pun konsisten da lam jangka lama, tidak naikturun. Kita tetap perlu melanjutkan ikhtiar perjuangan melawan Covid agar penurunan kasus dapat terus terjadi.

Oleh karena itu, mesti dipersiapkan kebijakan yang tepat pasca berakhirnya pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang oleh pemerintah diperpanjang lagi hingga 9 Agustus 2021. Tujuannya jelas, agar kasus Covid tidak kembali meningkat.

Muheri Aji

Surabaya

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN