Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Operasi yustisi protokol kesehatan diharapkan tidak kendor dilaksanakan. Foto: SP/Joanito De Saojoao

Operasi yustisi protokol kesehatan diharapkan tidak kendor dilaksanakan. Foto: SP/Joanito De Saojoao

Tingkatkan Disiplin Penerapan Protokol Kesehatan

Sabtu, 28 November 2020 | 11:52 WIB
Investor Daily

Awal pekan ini wilayah Kota Bandung kembali masuk ke zona merah level kewaspadaan Covid-19. Konon, seperti disampaikan oleh pejabat pemerintah daerah setempat, salah satu penyebabnya adalah kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan yang menurun.

Penurunan tingkat kepatuhan masyarakat terhadap penerapan  protokol kesehatan tentu perlu segera mendapatkan penanganan yang tepat dan humanis. Kecenderungan masyarakat di ruang public yang masih banyak tidak menggunakan masker, misalnya, perlu perhatian dan solusi yang tepat.

Salah satunya adalah pengawasan dari Pemerintah Kota Bandung tidak boleh kendur. Jika perlu, perketat penegakan hukum terhadap pelanggar protokol kesehatan. Operasi-operasi penegakan hukum layak untuk diperkuat karena ada kecenderungan masyarakat sudah mulai lalai untuk menjaga protokol kesehatan.

Kita berharap, masyarakat kembali disiplin menerapkan protokol kesehatan. Terutama masyarakat yang banyak melakukan aktivitas di luar rumah.

Apalagi, temuan Satgas Penanganan Covid-19 di beberapa daerah, pasien terkonfirmasi positif corona sebagian besar tidak menunjukkan gejala apapun. Sebagian besar kasus berasal dari penularan di dalam keluarga. Hal ini harus menjadi perhatian seluruh pihak. Apalagi tingkat keterisian ruang perawatan pasien Covid-19 dikabarkan hampir penuh. Sangat riskan jika tren kenaikan jumlah pasien Covid-19 terus meningkat.

Tak bisa kita hanya menunggu penemuan dan ketersediaan vaksin corona untuk vaksinasi massal, yang masih butuh waktu mungkin hingga tahun depan.

Sekali lagi, kuncinya adalah pengawasan dan penegakan aturan. Toh, regulasi dan secara aturan peraturan wali kota dinilai sudah cukup.

Pagebluk Covid-19 belumlah berakhir. Perjuangan bersama melawan virus corona masih harus dilanjutkan. Bersama, kita bisa melawannya.

Ficky Priyana

Bandung

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN