Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Salah satu contoh hunian sementara (Huntara) di Sulawesi Tengah (Sulteng).

Salah satu contoh hunian sementara (Huntara) di Sulawesi Tengah (Sulteng).

Tingkatkan Layanan Kesehatan bagi Korban Gempa Bumi

Selasa, 20 Agustus 2019 | 10:32 WIB

Diberitakan bahwa sejumlah warga korban bencana alam gempa bumi dan likuefaksi di Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, mengeluhkan kesulitan berobat. Sebab, tidak ada sarana kesehatan seperti Puskesmas atau Posyandu di lokasi hunian sementara (Huntara).

Kalau ada warga korban gempa bumi yang sakit, mereka harus tur un berobat di Puskesmas Biromnaru atau ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Torabelo yang ada di Desa Sidera, Kabupaten Sigi.

Padahal, jarak ke Puskesmas atau RSUD itu cukup jauh dari lokasi Huntara di Desa Lolu, Kecamatan Biromaru, Kabupaten Sigi. Karena itu, wajar jika mereka meminta agar layanan kesehatan bisa dilakukan rutin di lokasi Huntara. Paling tidak, ada layanan kesehatan cuma-cuma sebulan sekali atau dua minggu sekali.

Sudah menjadi kewajiban pemerintah provinsi atau pemerintah kabupaten setempat untuk memenuhi harapan warga korban gempa bumi di wilayahnya tersebut.

Di lokasi Huntara seyogianya tersedia sarana/fasilitas kesehatan. Apalagi, warga yang tinggal di Huntara di Desa Lolu, Kecamatan Biromaru mencapai ribuan jiwa dan sangat membutuhkan adanya sarana kesehatan agar jika ada warga yang sakit segera mendapatkan perawatan medis.

Beruntung, sejauh ini ada bantuan pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh Rotary Club Palu sebulan sekali. Yang dibutuhkan warga korban gempa bukan hanya kebutuhan sehari-hari seperti bahan makanan dan air bersih, tetapi juga pelayanan kesehatan. Semoga harapan warga korban gempa bumi Sigi ini segera

terlayani.

Yani Ananta

Jakarta

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA