Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Peserta vaksin Covid-19 mengikuti kegiatan vaksinasi di Neo Soho Mall Jakarta. ( Foto: Istimewa )

Peserta vaksin Covid-19 mengikuti kegiatan vaksinasi di Neo Soho Mall Jakarta. ( Foto: Istimewa )

Sudah 10,2 Juta Orang Terima Vaksin Covid-19 Dosis 1 di Jakarta

Minggu, 19 September 2021 | 12:10 WIB
Yustinus Paat

JAKARTA  - Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia mengatakan, berdasarkan data hingga 18 September, tercatat sebanyak 10,2 juta warga telah menerima vaksinasi Covid-19 dosis 1 di Jakarta. Dari jumlah tersebut, sebanyak 65% merupakan warga ber-KTP DKI Jakarta.

“Untuk vaksinasi program, total dosis 1 saat ini sebanyak 10.221.172 orang dengan proporsi 65% merupakan warga ber-KTP DKI dan 35% warga KTP Non DKI,” ujar Dwi di Jakarta, Minggu (19/9/2021).

Jumlah 10,2 juta warga ini, kata Dwi sudah mencapai 114,3% dari target 8,9 juta warga yang menjadi sasaran penerima vaksin Covid-19 di Jakarta. Pemprov DKI telah menambahkan jumlah target vaksinasi Covid-19 menjadi 11.4 juta khusus menjangkau semua warga DKI Jakarta yang memenuhi syarat untuk divaksin.

“Sedangkan, total vaksinasi dosis 2 kini mencapai 7.356.944 orang atau 79,6% dari target, dengan proporsi 65% merupakan warga ber-KTP DKI dan 35% warga KTP Non DKI,” ungkap Dwi.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya lebih memilih cara persuasif untuk menjangkau 65% atau kurang lebih 2,4 juta warga DKI Jakarta yang belum atau tidak mau divaksin Covid-19. Pihaknya, kata Riza, tidak menggunakan cara represif dengan menerapkan sanksi berupa denda Rp 5 juta terhadap penolak vaksinasi sebagaimana diatur dalam Peraturan Daerah DKI Jakarta Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pengendalian Covid-19.

“Kami masih melakukan persuasif yah, jadi sekalipun perdanya sudah ada atau dimungkinkan sanksi bagi penolak vaksinasi,” ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (17/9/2021).

Apalagi, kata Riza, sampai saat ini, tidak ada warga DKI Jakarta yang secara terbuka menolak untuk divaksin. Menurut dia, setiap warga yang diminta untuk divaksin dengan berbagai edukasi dan sosialisasi, umumnya mereka siap divaksin.

“Kita belum terapkan denda atau sanksi karena ini kan masalah keselamatan kesehatan. Jadi kami melakukan persuasif, kami yakin semua warga ingin divaksin kecuali yang tidak memenuhi syarat,” tandas Riza.

Pemprov DKI, kata Riza, memperkuat peran RT-RW untuk melakukan edukasi dan sosialisasi agar warga DKI mau divaksin. Dia bahkan telah menginstruksikan jajarannya mulai dari camat, lurah hingga RT-RW untuk melakukan penyisiran dan pendataan detail warga DKI yang sudah divaksin dan belum divaksin. “Kita juga melakukan strategi percepatan serbuan vaksinasi di DKI Jakarta dengan berbagai basis,” kata Riza.

Riza menerangkan terdapat 3 basis dalam gerakan serbuan vaksinasi di DKI Jakarta, yakni pertama serbuan vaksinasi berbasis komunitas. Serbuan vaksinasi ini mencakup pengerahan warga di tingkat RT/RW, pengerahan asosiasi informal dan sektor ekonomi tertentu, seperti asosiasi dan paguyuban, percepatan di komunitas besar seperti rusun dan apartemen dan pengelolaan kelompok khusus, seperti kelompok disabilitas dan orang terlantar.

Kedua, lanjut Riza, serbuan vaksinasi berbasis tempat kerja, institusi pendidikan dan lainnya. Serbuan vaksinasi jenis ini mencakup vaksinasi di perkantoran/perusahaan, vaksinasi di lembaga Pendidikan, dan vaksinasi di lembaga permasyarakatan

“Vaksinasi berbasis tempat umum, seperti di tempat perbelanjaan, mal dan pasar tradisional; vaksinasi di bandara, terminal, dan stasiun; serta vaksinasi di tempat keramaian lain,” pungkas Riza. (YUS)

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN