Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
 Pendiri Yayasan Pendidikan Univeritas Pelita Harapan

Pendiri Yayasan Pendidikan Univeritas Pelita Harapan

Ucapkan Selamat kepada 1.154 Wisudawan UPH, Ini Pesan James Riady  

Sabtu, 27 November 2021 | 11:47 WIB
FatimaBona

JAKARTA, investor.id - Pendiri Yayasan Pendidikan Univeritas Pelita Harapan   Dr. (H.C.) James Riady  memberikan ucapan selamat  kepada 1.154 wisudawan Universitas Pelita Harapan, tahun  akademik 2020/2021. Ucapan selamat disampaikan dalam acara wisuda yang bertema Go Beyond berlangsung secara daring, Sabtu (27/11/2021).

“Saya sebagai pendiri Yayasan Pendidikan dari Universitas Pelita Harapan. Saya mengucapkan selamat kepada setiap anda beserta  keluarga, kepada pimpinan UPH, rektorat,  serta  para dosen untuk pencapaian ini,” ucap James Riady  pada acara Wisuda Universitas Pelita Harapan (UPH)  Tahun Ajaran 2020/2021 secara daring.   

Kepada para wisudawan, James mengatakan, sekarangan mereka memasuki  babak baru dalam hidup  dan dunia  juga sedang memasuki  fase baru akibat semakin tersediannya  vaksin serta pengobatan dari prosedur  kesehatan yang semakin membaik. Hal ini dapat terlihat dari penurunan  yang tajam dalam hal jumlah kasus penderita Covid-19 Indonesia dan seluruh dunia.

Menurut James, kondisi normal baru  yang sesungguhnya  tidak disukai ini, namun dengan berat harus tetap diadopsi sejak. Bahkan, sejak awal pandemi  telah diterapkan dan terima sebagai bagian dari kehidupan baru. “Kita sekarang berharap dan merasa optimis bahwa kondisi terburuk  dari pandemi ini sudah kita lewati. Anda akan memulai fase baru, beranjak  dari sebuah  periode  di mana pendidikan mendominasi hidup anda ke tahap -tahap awal dari karier anda,” ucapnya.

Selanjutnya, James menyebutkan, meskipun benar bahwa  wisudawan  harus menjadi pembelajar seumur hidup, namun keseimbangan  aktivitas harian wisudawan akan berubah dari berusaha memperoleh pengetahuan   menuju menerapkan  pengetahuan yang telah diperoleh.

“Dalam konteks ini, saya ingin mengingatkan anda mengenai beberapa  hal penting yang merupakan buah pemikiran  dari tema UPH dalam satu tahun ajaran in, “Go Beyond  yang diambil dari (kitab suci) Efesus 4,” ujarnya.

James menegaskan, tema Go Beyond ini bukan hanya sebuah frasa yang menarik yang dibuat oleh tim pemasaran UPH. Melainkan, merupakan tantangan sekaligus kewajiban bagi  wisudawan. Dalam hal ini,  para wisudawan menjadi  penerima dari satu kesempatan istimewa untuk lulus dari sebuah kesempatan yang kurang dari 10% orang Indonesia miliki.

“Puji Tuhan, anda telah membuktikan kepada keluarga, dosen, dan kepada diri anda sendiri  bahwa anda mampu melampaui. Anda telah berani  menghadapi  tantangan untuk mencapai  keberhasilan dalam program akademik yang ketat yang berlangsung  di dalam salah satu masa paling  bergejolak  di dalam sejarah pendidikan,” paparnya.

“Dan anda telah berhasil melewati  masa transisi ini dengan sangat baik . Coba anda pikirkan seluruh dunia harus  beranjak  dari metode  kegiatan akademik  tatap muka ke metode yang sebagian  besar  dilaksanakan secara daring,” sambungnya.

James menyebutkan, apapun yang konsentrasi wisudawan  baik  belajar  bisnis, desain, musik, kedokteran, psikologi atau program studi (prodi) lainnya, para wisudawan telah membuktikan bahwa mereka memiliki keterampilan, kemampuan dan tekad untuk menyelesaikan tugas  dengan baik. "Anda patut bersyukur  dan merasa bangga akan hari ini. Anda sekarang siap melangkah melampaui  UPH,” ujarnya.

James juga menambahkan, para wisudawan telah  melewati masa remaja dan memasuki periode usia dewasa muda. Dalam hal ini, akan lebih  banyak membuat pilihan  dan keputusan sendiri. Bahkan, mungkin  ada sudah hidup dan bekerja sendiri serta membayar  kebutuhan sendiri.

Menurut James, hal tersebut merupakan suatu periode  di dalam hidup  mahasiswa. Saat ini, mereka akan mulai melangkah melampaui mulai membuat keputusan secara mandiri. Ia juga berharap  wisudawan UPH dapat mengambil keputusan yang bijaksana  untuk diri sendiri. Pasalnya,  dewasa muda ini tidak lagi bergantung pada pengambilan keputusan setiap hari oleh orang tua dan dosen. “Kami percaya bahwa  orang tua, dosen, pendeta, dan mentor anda telah mendidik anda dengan baik untuk menghadapi  tahap baru ini,” ucapnya.

“Dan kami senang  melihat anda bertumbuh menjadi para dewasa muda  yang siap menunjukkkan kedewasaan dan kemandirian. Kami akan berdoa untuk anda. Bagi kesuksesan dalam perjuangan  anda segala usaha dalam berbagai bidang kehidupan anda dan agar anda terus setia  kepada Tuhan dan firman-Nya,” harap James.  

Mengakhiri sambutannya, James kembali mengingatkan  wisudawan semangat Go Beyond menggunakan talenta  dan bakat  untuk melayani  orang  lain di sekitar  terlepas dari panggilan  pekerjaan dan kegiatan hidup lainnya.

Dikatakannya, hal tersebut menjadi harapan almamater agar alumi tidak semata-mata  membangun karier  yang memberikan harta, harga diri atau kekuasaan. Pasalnya, sistem pendidikan di UPH telah  mendidik wisudawan untuk menjadi pemimpin yang dapat mentransformasi  dan menjadi berkat yang nyata  bagi berbagai  komunitas,  keluarga, tempat kerja,  gereja dan Indonesia.

“Kita semua dipanggil Tuhan untuk saling membangun sehingga kita bisa menjadi lebih dewasa dan lebih utuh. Sekarang adalah kesempatan bagi anda untuk memberikan dampak positif serta membuat  dunia menjadi lebih baik,” ucapnya.

“Hiduplah sebagai orang jujur dan saleh di dalam keluarga, pekerjaan, bisnis, dan pelayanan anda. Sekali lagi, selamat kepada anda dan keluarga. Kami tak sabar menyaksikan langkah-langkah berikutnya yang anda akan ambil  serta turut merayakan pencapaian anda di masa  depan. Kami akan berdoa  agar anda  melangkah lebih jauh tidak hanya sekedar  mengejar kesuksesan dan penghargaan duniawi. Namun, berusaha untuk melayani  Tuhan dengan setia dalam  semua yang  anda  lakukan. Berkat bagi anda semua, sekali lagi selama,” tutupnya. 

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN