Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Dirjen Bimas Katolik terpilih Yohanes Bayu Samodro. (Foto: Istimewa/PWKI)

Dirjen Bimas Katolik terpilih Yohanes Bayu Samodro. (Foto: Istimewa/PWKI)

Hasil Lelang Jabatan, Bayu Samodro Dilantik Jadi Dirjen Bimas Katolik Siang Ini

Senin, 10 Agustus 2020 | 13:11 WIB
Ester Nuky

JAKARTA, investor.id - Setelah sempat lama dirangkap jabatan oleh pejabat lain non-Katolik yang menyulut kontroversi, akhirnya Presiden Jokowi memilih Yohanes Bayu Samodro menjadi Dirjen Bimas Katolik Kementerian Agama yang baru. Sekretaris Dewan Paroki Harian (DPH) St Laurensius, Alam Sutera, 2012-2018 ini dipilih lewat sistem lelang jabatan dan akan dilantik siang ini pukul 13.00 WIB oleh Menteri Agama Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi.

Sebelumnya, Dirjen Bimas Katolik Kementerian Agama sempat dijabat oleh HM Nur Cholis Setiawan sebagai pelaksana tugas (Plt). Menurut keterangan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid saat itu, Nur Cholis menggantikan Dirjen Bimas Katolik sebelumnya, Eusabius Binsasi yang telah pensiun, karena ada ketentuan pejabat Plt harus dari tingkat eselon yang sama.

Mengutip www.hidupkatolik.com, Yohanes Bayu Samodro sebelumnya adalah Kepala Bagian Pengembangan Sumber Daya Manusia pada Yayasan Hati Suci (dh Perkoempoelan Ati Soetji), di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Ini merupakan yayasan yang mengelola anak-anak telantar yang berdiri sejak lebih dari 100 tahun lalu, yang dirintis oleh Ny Auw Tjoei Lan (Ny Lie Tjioan Tjoen, Kapitan Tionghoa di Batavia), penerima Ridder in de Orde van Oranje Nassau (penghargaan kenegaraan tertinggi di Hindia Belanda, 1935).

Pendidikan S1-nya diselesaikan pada tahun 1995 dari Program Studi Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, FKIP Unika Atma Jaya Jakarta, dan Pendidikan S2-nya diselesaikan pada 2002 dari Program Magister Administrasi/Manajemen Pendidikan Universitas Kristen Indonesia.

Bayu beberapa kali mewakili Gereja Katolik dalam kegiatan dan dialog-dialog lintasagama di kawasan Tangerang Selatan. Pria kelahiran Jakarta, 48 tahun lalu ini, bergabung dalam Organisasi Pencaksilat Pendidikan Tunggal Hati Seminari – Tunggal Hati Maria (THS-THM), organisasi pembinaan dalam Gereja Katolik yang berbasis pembinaan mental-spiritual melalui pelestarian budaya leluhur bangsa Indonesia pencaksilat.

Editor : Esther Nuky (esther@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN