Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pemberlakuan sistem ganjil-genap kendaraan di Kota Bogor. Foto: Beritasatu.com/Joanito De Saojoao

Pemberlakuan sistem ganjil-genap kendaraan di Kota Bogor. Foto: Beritasatu.com/Joanito De Saojoao

Kepadatan Kendaraan di Kota Bogor Diprediksi Hingga Minggu Besok

Sabtu, 7 Mei 2022 | 14:02 WIB
Vento Saudale (redaksi@investor.id)

BOGOR, investor.id - Polresta Bogor Kota memprediksi peningkatan kendaraan di Kota Bogor akan terjadi sampai H+5 Lebaran 2022 atau Minggu (8/5/2022). Kasatlantas Polresta Bogor Kota, Kompol Galih Apria menuturkan, peningkatan volume kendaraan terjadi imbas arus balik mudik Lebaran hingga warga yang ingin berwisata di wilayah Kota Bogor.

"Mengantisipasi kemacetan tidak berlangsung lama, jajaran kepolisian di Kota Bogor telah memiliki beberapa skema yang akan dilakukan," kata Galih, Sabtu (7/5/2022).

Diantaranya, memberlakukan rekayasa lalu lintas di pintu masuk gerbang Tol Bogor dengan mengalihkan kendaraan yang hendak masuk ke Kota Bogor, menuju simpang Ekalokasari lalu berputar mengarah Baranangsiang dan seputaran SSA.

Kedua, apabila rekayasa lalu lintas di pintu masuk gerbang Tol Bogor sudah dilakukan namun seputaran SSA masih tetap terjadi penumpukan kendaraan, maka aparat kepolisian akan memberlakukan pengalihan arus kendaraan yang hendak masuk ke Kota Bogor melalui akses Tol.

“Jadi, SSA ketika sudah penuh maka interchange akan ditutup dan kendaraan yang mau masuk ke Kota Bogor via akses Tol dipusatkan lewat ke Simpang BORR,” kata Galih.

Selain itu, lanjut Galih, memang lokasi wisata merupakan salah satu faktor penyumbang kepadatan arus lalu lintas di Kota Bogor.

Untuk itu, pihaknya akan memberlakukan rekayasa di tempat-tempat wisata, khususnya di kawasan Kebun Raya Bogor (KRB) dan Bogor Nirwana Residen (BNR).

Berdasarkan data Gerbang Tol Bogor, rata-rata kendaraan yang masuk Kota Bogor sebanyak 20.000 kendaraan. Pada masa Lebaran, lonjakan kendaraan dari Tol Jagorawi mengarah ke Kota Bogor (exit) terjadi pada Rabu (4/5/2022) dengan 30.014 kendaraan.

Sementara lonjakan kendaraan dari arah Bogor masuk ke tol atau mengarah ke Jakarta (entry) terjadi pada Jumat (6/5/2022) dengan 26.808 kendaraan. 

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN