Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menkominfo Johnny G Plate. (IST)

Menkominfo Johnny G Plate. (IST)

Menkominfo: Pemerintah Percepat Penyaluran Bansos

Kamis, 22 Juli 2021 | 20:07 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Pemerintah sudah mulai menyalurkan Program Bantuan Perlindungan Sosial (Bansos) kepada masyarakat yang membutuhkan selama pandemi Covid-19 dan ketika berlangsung PPKM di Jawa dan Bali.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, penyaluran itu terus dilakukan dan akan dipercepat dengan mengurai kendala serta meningkatkan sinergisitas dengan pemerintah daerah. 

“Bantuan-bantuan sosial tunai dan nontunai sudah mulai tersalurkan kepada masyarakat. Program bantuan sosial tunai, seperti melalui Program Keluarga Harapan (PKH), sudah mulai disalurkan lewat Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan PT Pos Indonesia kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM),” jelas Johnny, usai mengikuti Rapat Koordinasi Progres Penyaluran Bantuan Sosial selama Perpanjangan PPKM di Pulau Jawa dan Bali di Jakarta, Kamis (22/7) sore.

Menurut Menkominfo, Progam Bansos Nontunai pun sudah mulai disalurkan lewat Perum Bulog dan Kementerian Sosial. Realisasinya di berbagai daerah juga sudah relatif baik, seperti di DKI Jakarta sudah mencapai 900 ribu penerima manfaat dan di Banten realisasinya mencapai 90%.

Dia menegaskan arti penting percepatan penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat. “Pemerintah terus berkomitmen untuk mempercepat penyaluran bantuan sosial ini kepada masyarakat yang membutuhkan. Hambatan pelaksanaan yang selama ini ada sudah mulai terurai dan ada sinergi yang baik antarberbagai pihak di pusat maupun daerah,” tandasnya.

Pemerintah memberi bantuan perlindungan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan dalam berbagai bentuk program, antara lain Program Keluarga Harapan, Program Kartu Sembako, Kartu Sembako PPKM, Program Bansos Tunai, dan Bantuan Beras Bulog.

Selanjutnya, ada program Diskon Listrik, Bantuan Rekening Minimum Biaya Beban/Abonemen, Program Prakerja dan Bantuan Subsidi Upah Tenaga Kerja, Bantuan Kuota Internet, dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa. 

“Pemerintah akan terus memonitor penyaluran bantuan sosial, sehingga bisa sampai ke masyarakat secara tepat dan cepat,” tegas Johnny

Selama penyaluran bansos, Menkominfo pun mengimbau kepada masyarakat agar semakin disiplin menerapkan protokol kesehatan dan segera mengikuti vaksinasi Covid-19. 

“Melihat perkembangan kasus beberapa hari terakhir yang belum menunjukkan penurunan kasus secara signifikan, mohon masyarakat semakin memperketat protokol kesehatan dan segera ikuti vaksinasi. Beberapa hari ke depan, sampai tanggal 26 Juli adalah periode yang sangat menentukan kebijakan selanjutnya,” ujarnya.

Dalam rapat yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan itu ikut hadir pula Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju, dan gubernur di Pulau Jawa-Bali.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN