Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Laporan kinerja akhir tahun KPK. Foto ilustrasi: SP/Joanito De Saojoao

Laporan kinerja akhir tahun KPK. Foto ilustrasi: SP/Joanito De Saojoao

Tahanan KPK Positif Covid-19 Jadi 19 Orang

Kamis, 14 Januari 2021 | 09:00 WIB
Investor Daily

JAKARTA, investor.id – Tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang terkonfirmasi po sitif terpapar virus corona atau Covid-19 bertambah lagi sebanyak 5 orang. Dengan de mikian, tahanan KPK yang positif Covid- 19 menjadi 19 orang.

Lima tahanan itu terkonfirmasi positif Covid-19 setelah 10 tahanan di Rumah Tahanan (Rutan) Gedung Merah Putih KPK menjalani test swab PCR pada Senin, (11/1).

"Dari hasil swab PCR kedua kalinya yang dilakukan pada Senin, (11/1/2021) terhadap 10 orang tahanan di Rutan cabang KPK di gedung merah putih, saat ini ada lima orang tahanan yang juga terkonfirmasi positif Covid-19," kata Plt Jubir KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, Rabu (13/1).

Kelima tahanan yang dinyatakan terpapar Covid-19 itu langsung dibawa menuju Wisma Atlet untuk mendapatkan perawatan dan isolasi mandiri. Kelimanya dijemput dua unit mobil Ambulance bertuliskan Satgas Covid-19 BNPB yang mendatangi Lapas Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (13/1) sekitar pukul 13.43 WIB.

"Untuk itu, siang hari ini, Rabu ( 13/1), kelima tahanan tersebut akan segera dipindahkan ke Wisma Atlet untuk menjalani perawatan dan isolasi mandiri," kata Ali.

Kelima tahanan itu, lanjutnya, menyusul 14 tahanan yang sebelumnya telah menjalani perawatan dan isolasi mandiri di Wisma Atlet karena terkonfirmasi positif Covid-19 sejak Jumat (8/1/2021).

Ke-14 tahanan dinyatakan positif Covid- 19 berdasarkan hasil swab PCR yang dilakukan sehari sebelumnya atau Kamis (7/1).

"Berdasarkan informasi yang kami terima, dari hasil swab PCR yang dilakukan tanggal 7 Januari 2021 terhadap para tahanan yang berada di rutan Merah Putih KPK, ada 14 orang tahanan dengan hasil positif," kata Ali saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (8/1).

Ali menjelaskan, KPK terus melakukan langkah antisipatif untuk mencegah penyebaran Covid-19, dengan melakukan rapid test antigen kepada para petugas pengawal tahanan. Selain itu, KPK juga melakukan penelusuran terhadap kontak erat para tahanan yang dinyatakan positif Covid-19.

"Termasuk juga para tahanan yang berada di Rutan cabang KPK di Gedung C1 maupun Pomdamjaya Guntur juga dilakukan rapid test antigen dan hasilnya adalah negatif," kata Ali.

Dia mengungkapkan, KPK terus berupaya mencegah penyebaran virus Covid-19 di lingkungan KPK dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat baik tamu maupun pegawai KPK.

Upaya penyemprotan disinfektan secara berkala di se luruh ruang kerja pimpinan, Dewas, pegawai dan Rutan KPK juga terus dilakukan. (b1)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN