Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Nadine Chandrawinata

Nadine Chandrawinata

Food Waste

Ini Tips Nadine Chandrawinata agar Tak Buang Makanan

Selasa, 12 Oktober 2021 | 16:33 WIB
Mardiana Makmun (mardiana@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id – Aktris dan pegiat lingkungan hidup, Nadine Chandrawinata memiliki tips agar tidak membuang-buang makanan. Dia mengaku miris lantaran satu orang Indonesia membuang makanan sebanyak 0,5 kg per hari atau 184 kg per tahun.

Wow, saya pikir masalah sampah itu hanya masalah pemakaian plastik berlebih saja. Ternyata makanan berlebih juga menjadi masalah sampah yang sangat penting di Indonesia,” ungkap Puteri Indonesia itu dalam diskusi dengan media bertema Indonesia Mubazir Pangan, Kok Bisa?, Selasa, 12 Oktober 2021, yang digelar oleh Direktorat Lingkungan Hidup Bappenas, Sekretariat Rendah Karbon Indonesia/LCDI, dan Mitra Pembangunan Nasional & Internasional dalam rangkaian acara LCDI Week 2021.

Nadine mengaku sangat hati-hati soal makanan supaya tidak mubazir dan menjadi sampah. “Contohnya aku tadi dapat sayuran hidroponik sangat banyak. Aku sampai berpikir itu bagaimana ngabisinnya ya? Di rumah kan cuma ada aku dan suami aja. Akhirnya selebihnya aku bagikan ke teman-teman dan keluarga,” cerita Nadine yang sedang hamil anak pertama.

Supaya makanan tidak bersisa, Nadine juga memperhitungkan seberapa banyak yang harus ia beli. “Kita harus sudah tahu apa yang mau kita makan dan kita pesan sehingga tak berlebihan,” kiat Nadine yang 10 tahun lalu giat menyosialisasikan diet kantong plastik.

Ke depan, Nadine bertekad akan menyosialisasikan ke media sosial bagaimana menghabiskan makanan dan apa bahayanya jika terbuang menjadi sampah.

“Ini peran kita semua. Jangan sampai pesan acara ini lewat begitu saja. Kita harus menyosialisasikan di medsos bagaimana menghabiskan makanan dan apa bahaya sampah makanan,” ujar Nadine.

Editor : F Rio Winto (rio_winto@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN