Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Senior Director, Worldwide Nutrition Education and Training, Herbalife Nutrition Susan Bowerman

Senior Director, Worldwide Nutrition Education and Training, Herbalife Nutrition Susan Bowerman

Tips Menghindari Makan Berlebihan saat Liburan

Kamis, 25 November 2021 | 05:17 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id  – Liburan adalah waktu yang menyenangkan untuk berkumpul dengan teman, keluarga, dan tentu saja makanan. Tetapi banyak dari kita yang cenderung mengkonsumsi makanan tinggi kalori tetapi rendah nutrisi yang dibutuhkan tubuh, terutama saat berwisata atau berkumpul dengan keluarga.

Senior Director, Worldwide Nutrition Education and Training, Herbalife Nutrition Susan Bowerman mengatakan salah satu cara untuk menghindari makanan manis dan makanan yang tidak sehat pada hidangan liburan dengan menambahkan lebih banyak protein ke dalam setiap makanan serta mengurangi karbohidrat dan lemak olahan.

“Anda akan merasa lebih kenyang, sehingga cenderung makan lebih sedikit dan mengurangi cemilan-cemilan yang tidak sehat,” ungkapnya dalam keterangan pers, Rabu (24/11).

Menurut Susan, protein penting karena membantu membangun dan mempertahankan massa otot tanpa lemak. Protein juga sangatlah penting untuk penerapan gaya hidup sehat, karena protein merupakan salah satu komponen penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Protein juga membantu membuat porsi makanan lebih membuat kenyang. Dengan cara memasukkan beberapa protein pada setiap makanan dan hidangan juga membantu menjaga rasa lapar sepanjang hari dan membantu memastikan bahwa kebutuhan protein individu –yang bervariasi tergantung pada ukuran dan komposisi tubuh, usia, dan tingkat aktivitas– terpenuhi.

“Makanan yang kaya protein seperti daging, daging unggas, telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian juga memasok vitamin B, vitamin E, zat besi, seng, dan magnesium. Jadi, ketika menambahkan protein sambil mengurangi kalori, kita akan mendapatkan manfaat dari nutrisi tambahan yang dibutuhkan tubuh,” jelasnya.

Untuk itu, Susan menyebutkan ada beberapa cara menambahkan protein dan menahan godaan mengkonsumsi makanan yang kurang sehat saat liburan. Mulailah hari dengan sarapan pagi yang berprotein tinggi. Beralih pada sereal, cobalah shake pengganti makanan atau oatmeal dengan bubuk protein yang dicampur. Studi menunjukkan bahwa sarapan kaya protein tidak hanya membantu untuk tetap kenyang sampai makan siang, tetapi bahkan dapat membantu membatasi asupan sepanjang hari.

Selanjutnya, lanjut dia, sertakan camilan bergizi seperti yogurt atau keju tanpa lemak dengan buah, atau snack protein bar sebelum pergi. Ketiga, jadilah selektif tentang makanan liburan misalnya mencari makanan sumber protein tanpa lemak seperti ikan bakar, daging unggas, daging tanpa lemak, atau sumber vegetarian seperti kacang-kacangan.

“Cobalah mengurangi karbohidrat seperti nasi putih, roti, kentang tumbuk, dan pasta tepung putih. Sebagai gantinya, taruh lebih banyak sayuran dan salad, cari kacang dan biji-bijian yang kaya protein seperti beras merah, atau pasta gandum,” tambah dia.

Selain itu, Susan menegaskan perlu diperhatikan 'kalori cair' karena minuman liburan dapat menghasilkan banyak kalori, seperti contoh segelas air soda ditambahkan lemon atau jeruk nipis akan tetap terasa nikmat, tetapi bebas kalori sehingga dapat membantu tetap terhidrasi.

“Anda tidak harus sepenuhnya menghindari makanan favorit saat liburan. Salah satu triknya adalah mengurangi camilan, seperti kue keping cokelat (chococips/biskuit), dan sebagai gantinya, nikmati porsi kecil camilan spesial yang dikaitkan dengan liburan, seperti roti jahe. Dan jangan lupa rutinitas olahraga – dengan begitu Anda tidak hanya akan merasa lebih baik, tetapi juga akan terlihat hebat dalam liburan terbaik Anda,” tutup Susan.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN