Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi vaksin

Ilustrasi vaksin

IDI Pastikan Cacar Monyet Bukan Penyakit Mematikan

Jumat, 5 Agustus 2022 | 21:33 WIB
Fatima Bona (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Penularan penyakit virus cacar monyet atau monkeypox menimbulkan keresahan di tengah masyarakat. Agar masyarakat tidak khawatir berlebihan, Ketua Satgas Monkeypox Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dr Hanny Nilasari menegaskan penyakit cacar monyet tidak termasuk penyakit yang memastikan.

Pasalnya, penyakit cacar monyet bisa sembuh sendiri tanpa diobati. Namun, hal tersebut berlaku pada orang dengan daya tahan tubuh yang baik.

Advertisement

“Cacar monyet tidak termasuk  penyakit mematikan. Sudah disampaikan bahwa penyakit ini adalah  self limiting disease. Artinya bisa sembuh sendiri,” ujarnya pada acara konferensi pers daring terkait “Monkeypox atau Cacar Monyet” pada Jumat, (5/8/2022).

Hanny menjelaskan jika pasien cacar monyet bergejala berat,  tidak perlu khawatir.  Pasalnya, ada  antivirus yang selama digunakan untuk menangani kasus berat. Namun, untuk kasus ringan, tidak memerlukan antivirus.

Dalam hal ini, pasien harus menjaga pola makanan  sehingga dapat tertangani dengan baik. Selanjutnya, meski cacar monyet ini dapat sembuh sendiri, Hanny mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan diagnosis diri sendiri. Namun, jika memiliki gejala  harus segera  melaporkan ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan.

Hanny mengatakan, PB IDI sudah menginstruksikan seluruh dokter  yang bertugas di fasilitas kesehatan (faskes) untuk lebih peduli dengan gejala  yang dikeluhkan pasien.

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN