Menu
Sign in
@ Contact
Search
Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr. Muhammad

Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr. Muhammad

Dua Pekan Terakhir, Tak Ada Penambahan Kasus Baru Gangguan Ginjal Akut

Kamis, 24 November 2022 | 15:21 WIB
Maria Fatima Bona (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id - Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr. Muhammad Syahril mengatakan tidak ditemukan penambahan kasus baru pasien gangguan ginjal akut progresif atipikal (GGAPA) pada anak selama dua minggu terakhir.

Baca juga: Kasus Ginjal Akut, Bareskrim Periksa Kepala BPOM

Syahril menyebutkan, sejauh ini, jumlah penderita tercatat 324 kasus GGAPA pada anak dengan rincian 113 kasus sembuh, meninggal 200 kasus, dan tersisa 11 kasus masih dirawat. Adapun kasus ini dilaporkan dari 27 provinsi.

“Hingga kini kasus gangguan ginjal akut pada anak yang masih dirawat  tersisa 11 orang. Ini merupakan upaya bersama  di mana angka  penambahan tidak ada dan angka kematian juga tidak ada lagi. Yang ada adalah angka kesembuhan,” kata Syahril.

Baca juga: Polisi Tetapkan 2 Perusahaan sebagai Tersangka Kasus Ginjal Akut

Hal ini disampaikannya pada dialog FMB9 yang digelar secara daring bertajuk; Perkembangan Penelitian Obat Mengandung EG dan DEG pada Kasus Gagal Ginjal Akut”, Kamis (24/11/2022).

Untuk itu, Syahril berharap pasien GGAPA pada anak masih dirawat di RSCM ini dapat sembuh kembali setelah pemberian obat antidotum atau penawar pemberian fomepizole.

Dikatakan Syahril, meski anak telah dinyatakan sembuh, Kemenkes melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) masih melakukan pemantauan untuk mengetahui perkembangan selanjutnya.

Baca juga: Kemenkes Pastikan Gagal Ginjal Akut pada Anak Disebabkan EG dan DEG

“Kita terus  kontrol untuk melihat perkembangan  mungkin ada suatu efek-efek  atau masalah-masalah  kesehatan selanjutnya,” ucapnya.

Sebelumnya, Kemenkes mencatat terdapat 324 kasus gangguan ginjal pada dengan 14 anak dirawat, 111 sembuh, dan 199 meninggal pada Konferensi Pers Update Perkembangan Gangguan Ginjal Akut Pada Anak, Rabu (16/11/2022).


 

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com