Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Bayi membutuhkan makanan pendamping ASI (MPASI) yang cukup mengandung zat gizi termasuk zat besi

Bayi membutuhkan makanan pendamping ASI (MPASI) yang cukup mengandung zat gizi termasuk zat besi

Balita Indonesia Butuh MPASI yang Difortifikasi Zat Besi

Mardiana Makmun, Selasa, 5 November 2019 | 19:23 WIB

JAKARTA, Investor.id – Meski sudah banyak keluarga mendapat edukasi kesehatan, nyatanya anak Indonesia masih banyak yang kekurangan zat besi sehingga butuh fortifikasi (pengayaan) zat besi (Fe) pada makanannya. Terutama, usia bayi enam bulan.

Profesor gizi medik Dr.dr.Saptawati Bardosono, Msc. mengungkapkan, berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Nasional 2018, satu dari tiga anak balita Indonesia mengalami anemia karena kurangnya asupan zat besi.

“Kecukupan zat gizi seimbang makro dan mikro nutrien, termasuk zat besi, penting untuk balita agar tumbuh kembang optimal. Zat besi berperan penting terhadap fungsi kognitif tumbuh kembang dan daya tahan tubuh anak. Sayangnya saat ini masih banyak anak Indonesia mengalami kekurangan zat besi sehingga butuh mengonsumsi makanan yang difortifikasi zat besi,” kata Profesor gizi medik Dr.dr.Saptawati Bardosono, Msc. di sela peluncuran Cerelac Risenutri oleh Nestle di Jakarta, baru-baru ini.

Berapa besar kebutuhan zat besi balita? Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang ditetapkan Kementerian Kesehatan, bayi berusia 6-11 bulan membutuhkan sekitar 11 mg zat besi setiap hari. Kebutuhan itu sebagian dipasok oleh ASI. Namun kekurangannya tentu harus didapat dari Makanan pendamping ASI (MPASI).

“Karena itu Nestle menghadirkan Cerelac Risenutri, bubur polos beras merah pasangan MPASI homemade yang difortifikasi zat besi untuk mencukup kebutuhan zat besi bayi. Selain zat besi, bubur ini juga dilengkapi dengan 10 vitamin dan 6 mineral,” kata Category Marketing Manager Baby Food PT.Nestle Indonesia, Intan Nurmala Ekowati.

Intan menyarankan, supaya tak bosan ibu juga bisa berkreasi dengan menambahkan beragam toping pada bubur. “Bisa buah yang manis atau bahan makanan lain yang gurih,” tandas Intan.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA