Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Meikarta dan Siloam Hospitals Lippo Cikarang akan memberikan panduan pasien isoman di rumah maupun perawatan di rumah sakit, mulai Kamis, 22 Juli 2021. Foto istimewa

Meikarta dan Siloam Hospitals Lippo Cikarang akan memberikan panduan pasien isoman di rumah maupun perawatan di rumah sakit, mulai Kamis, 22 Juli 2021. Foto istimewa

Cegah Kematian saat Isoman, Guru Besar UI Usulkan 4 Solusi

Minggu, 1 Agustus 2021 | 00:06 WIB
Natasia Christy

JAKARTA - Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI), Prof Tjandra Yoga Aditama, mendesak  upaya nyata pencegahan kematian akibat Covid-19, termasuk pasien yang  isolasi mandiri (Isoman). Tjandra menyebut 4 hal yang harus dilakukan dalam penanganan pasien Covid-19.

Menurut Tjandra, hal pertama dan utama adalah melakukan evaluasi keadaan secara rutin setidaknya dua kali sehari. “Evaluasi dilakukan mulai dari pemeriksaan suhu dengan termometer, saturasi oksigen dengan oksimeter, perubahan gejala yang terjadi, serta juga perubahan pada penyakit komorbid yang ada,” kata Tjandra dalam pernyataannya yang diterima Sabtu (31/7/2021).

Hal kedua, ujarnya, melakukan komunikasi dengan petugas kesehatan secara rutin atau sebaiknya setiap hari. Komunikasi dapat dilakukan dengan telpon atau Whatsapp ke rumah sakit atau puskesmas,

“Bisa juga melalui telemedisin yang disediakan pemerintah, atau setidaknya selalu berkomunikasi dengan dokter atau petugas kesehatan lain yang dikenal,” ujar Tjandra.

Ketiga, penyediaan obat baik obat untuk Covid-19 maupun obat untuk penyakit komorbid. “Penangan komorbid sangat penting, kalau komorbidnya memburuk maka bisa memperburuk Covid-19 juga,” lanjutnya.

Hal keempat, Tjandara menyatakan pasien isoman harus tetap menjaga pola hidup bersih sehat, selalu makan bergizi, melakukan aktivitas fisik, istirahat yang cukup serta mengelola stres dengan baik.

“Kematian akibat Covid-19 harus kita tekan dan kendalikan. Cara penanggulangannya harus berdasar analisa situasi yang ada dan harus dilakukan dari hulu sampai hilir secara menyeluruh, semua perlu mendapat prioritas penting, we have to do it all,” ujar Tjandra.

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN