Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Perawatan gigi dan mulut. Foto: Investor Daily/IST

Perawatan gigi dan mulut. Foto: Investor Daily/IST

Jangan Sepelekan Perawatan Gigi dan Mulut

IIN, Minggu, 28 April 2019 | 17:42 WIB

Penyakit gigi dan mulut termasuk dalam 10 besar penyakit yang banyak menjadi keluhan masyarakat Indonesia. Temuan ini diperkuat dengan adanya hasil Riskesdas tahun 2013, yang menyatakan bahwa sekitar 25,9% penduduk Indonesia mengalami masalah gigi dan mulut tetapi hanya 31,1% yang menerima layanan kesehatan mulut.

Praktisi kesehatan gigi Drg Yudha Rismanto, Sp.Perio, menjelaskan, perawatan mulut dan gigi secara menyeluruh dan rutin adalah suatu kebiasaan yang perlu dilakukan sejak dini untuk menghindari terjadinya masalah gigi. Adapun beberapa masalah gigi yang sering terjadi adalah karang gigi, hipersensitif, periodontitis, dan radang.

Dalam hal ini, perawatan gigi dan mulut yang lengkap mencakup menyikat gigi, berkumur dan flossing. Namun, pada umumnya masyarakat hanya menyikat gigi dan masih sangat sedikit yang menyadari akan pentingnya berkumur menggunakan mouthwash setelah menyikat gigi.

“Optimalisasi kebersihan mulut akan dicapai apabila kebiasaan berkumur selepas menyikat gigi dilakukan setiap hari,” ungkap drg Yudha, di Jakarta, belum lama ini.

Lebih lanjut drg Yudha menyebutkan, penelitian membuktikan bahwa sikat gigi hanya mampu membersihkan plak pada permukaan gigi berkisar 30-53% saja dan dengan menambahkan rutinitas berkumur, maka akan membantu melenyapkan sisa-sisa bakteri dan dapat melindung area mulut selama 12 jam. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan mulut yang bersih, sebaiknya berkumur secara rutin dua kali sehari setelah menyikat gigi.

“Karenanya, untuk menyempurnakan proses menyikat gigi, membersihkannya dengan benang gigi (dental floss) dan obat kumur setiap hari patut dimasukkan ke dalam rutinitas sehari-hari Anda,” tambah drgYudha.

Country Leader of Communications & Public Affairs PT Johnson & Johnson Indonesia Devy Yheanne mengatakan, pihaknya melalui produk Listerine memperkuat komitmen untuk terus berkontribusi dan berinovasi dalam meningkatkan kualitas hidup di Indonesia melalui kesehatan gigi dan mulut dengan melakukan berbagai inisiatif.

Tahun ini, pihaknya melakukan promosi dan edukasi kesehatan gigi dan mulut yang bertujuan untuk membangun generasi yang aktif dan cerdas melalui edukasi kepada para pelajar di 12 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Jakarta mengenai pentingnya menjaga kesehatan mulut dan gigi.

“Lebih dari 1.300 pelajar dari empat sekolah yang berbeda di Jakarta berkumpul untuk mengikuti rangkaian program yang termasuk edukasi kesehatan mulut dan gigi, pengecekan gigi gratis dan berkumur bersama,” ujar dia.  

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN