Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko membuka serial kampanye gerakan distribusi dan edukasi penggunaan 5 juta masker medis yang diinisiasi oleh Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) dan produsen es krim Aice Group pada Rabu (14/10) di Kantor Staf Presiden Republik Indonesia, Jakarta.

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko membuka serial kampanye gerakan distribusi dan edukasi penggunaan 5 juta masker medis yang diinisiasi oleh Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) dan produsen es krim Aice Group pada Rabu (14/10) di Kantor Staf Presiden Republik Indonesia, Jakarta.

Kantor Staf Presiden, GP Ansor, dan Aice Bagikan 5 Juta Masker Medis

Kamis, 15 Oktober 2020 | 15:22 WIB
Mardiana Makmun (mardiana@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id– Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko membuka serial kampanye gerakan distribusi dan edukasi penggunaan 5 juta masker medis yang diinisiasi oleh Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) dan produsen es krim Aice Group pada Rabu (14/10) di Kantor Staf Presiden Republik Indonesia, Jakarta. Sebanyak 20 kabupaten dan kota di Indonesia akan menjadi wilayah sasaran utama kampanye ini.

 

“Pemerintah meyakini pendekatan Pentahelix yang melibatkan pemangku kepentingan dari lima pilar akan memunculkan gerakan yang alami dan efektif dalam mencegah penularan covid-19 di Indonesia. Kombinasi peran swasta yang dibarengi kearifan lokal dari komunitas dan sinergi dengan GP Ansor ini akan menjadi dorongan perbaikan pengelolaan pandemi ini,” jelas Moeldoko dalam keterangan pers yang diterima Investor Daily.


Pembagian masker akan mengombinasikan kebijakan Pemerintah dengan keterlibatan lima kelompok pemangku kepentingan utama di masyarakat. Kolaborasi pentahelix dari Pemerintah Pusat dan Daerah yang berbasis komunitas dengan menitikberatkan kepada peran dari tokoh di masyarakat, akademisi, dan dukungan swasta yang dikombinasikan dengan komunikasi publik lewat media massa akan mengefektifkan penanganan Covid-19 di Indonesia.

 

Moeldoko juga menjelaskan akan selalu memantau perkembangan positif dari kampanye yang dilakukan tersebut. Menurutnya, Gerakan 3-M, mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, dan menjaga jarak, akan terus digalakkan di masyarakat demi menekan laju penularan virus Covid-19.

 

Dalam kesempatan sama, Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor, Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, kombinasi gerakan kultural yang masif dan riil di masyarakat disertai dengan dukungan logistik masker dari Aice Group ini ditujukan untuk memperbaiki kondisi pandemi di akar rumput masyarakat Indonesia. “Kami mengapresiasi dukungan Aice terhadap gerakan bersama ini. Mudah-mudahan kerja bareng ini akan dapat memperbaiki manajemen pandemi kita ini,” jelas Gus Yaqut, sapaan akrabnya.

 

Produksi 20 juta masker

 

Juru Bicara Aice Group, Sylvana, menjelaskan 5 juta maskter medis tersebut diproduksi sendiri oleh Aice di Mojokerto, Jawa Timur. “Aice memproduksi sendiri masker medis dengan spesifikasi 3-ply dan telah mendapatkan sertifikasi dari Kementerian Kesehatan. Masker ini murni untuk dibagikan kepada masyarakat sebagai program CSR dan tidak untuk dijualbelikan,” tegas Sylvana yang juga menjabat brand manager Aice Group.

 

Masker akan didistribusikan bersamaan dengan paket Vitamin C dan suplemen pendukung lain untuk meningkatkan imunitas masyarakat yang disasar.

 

“Kampanye 5 juta masker medis yang kami jalankan bersama berbagai elemen dari pentahelix ini menjadi lanjutan dedikasi kami melawan pandemi. Ada sekitar 15 juta masker lain yang kami distribusikan juga bersama 200 ribu UMKM kami atau warung-warung melalui edukasi pencegahan Covid 19 dan promosi,” jelas Sylvana.

 

Dua puluh kabupaten dan kota yang akan disasar tersebut terletak dari bagian barat hingga timur Indonesia. Yaitu Jakarta, Bogor, Cirebon, Bandung, Rembang, Semarang, Pekalongan, Surabaya, dan Ambon yang masuk dalam aktivitas kampanye dilanjutkan dengan Palembang, Medan, Batam, Yogyakarta, Malang, Kudus, Denpasar, Manado, Banjarmasin, Madiun dan Makassar. Ada kemungkinan kampanye juga akan dilebarkan ke wilayah lain yang memiliki gerakan pentahelix baik dan memberikan respon terbuka untuk kerja bersama dalam gerakan ini.

 

“Kami akan berfokus untuk menjangkau masyarakat bawah yang ada di berbagai kota. Berbagai pekerjaan yang beresiko seperti petugas penanganan sampah, petugas pemakaman dan petugas kebersihan di kantor-kantor akan kami jadikan salah satu target utama. Namun yang terpenting, kampanye ini berusaha untuk berbicara dengan intens ke masyarakat lewat aksi nyata. Bahwa dengan bersama-sama, kita mampu mencegah perburukan pandemi. Insya Allah kita bisa,” papar Gus Yaqut.

 

Kegiatan pembagian masker Aice Group merupakan bagian dari kampanye besar bersama GP Ansor yang dijalankan sejak awal pandemi, April lalu. Sebelumnya, Aice dan GP Ansor melakukan kampanye penguatan keselamatan tenaga kesehatan (Nakes) lewat distribusi Alat Pelindung Diri (APD) di belasan rumah sakit penanganan Covid-19 dan satu juta es krim untuk membangun kondisi kerja yang kondusif dan ceria bagi  Nakes di belasan rumah sakit Covid-19 di Jabodetabek dan Rembang, Jawa Tengah

Editor : Mardiana Makmun (nana_makmun@yahoo.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN