Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Zoom Meeting Media Briefing e-Wellness Tour 2020 tentang Healthy Aging Survey 2020, Rabu (25/11).

Zoom Meeting Media Briefing e-Wellness Tour 2020 tentang Healthy Aging Survey 2020, Rabu (25/11).

Keyakinan Masyarakat Menua dengan Sehat Masih Rendah

Rabu, 25 November 2020 | 14:20 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Berdasarkan hasil survei ' Herbalife Nutrition Asia Pacific Healthy Aging Survey 2020', tidak sampai tiga dari 10 konsumen di Asia Pasific yang memiliki kepercayaan diri untuk dapat menua dengan sehat. Hal ini menunjukkan bahwa keyakinan masyarakat dapat menua dengan sehat masih sangat rendah. Tidak heran apabila penuaan merupakan kekhawatiran utama bagi sebagian besar masyarakat di kawasan tersebut.

Senior Director & General Manager Herbalife Nutrition Indonesia Andam Dewi mengatakan, survei tersebut menunjukkan bahwa di sebagian besar negara di Asia Pasifik penuaan merupakan kekhawatiran utama bagi masyarakat. Menariknya, keyakinan bahwa seseorang akan dapat menua secara sehat masih rendah.

“Di semua negara kekhawatiran utama tentang penuaan adalah semakin tingginya peluang jatuh sakit karena kekebalan yang lebih rendah,” ungkapnya di sela zoom meeting media briefing e-Wellness Tour 2020 tentang Healthy Aging Survey 2020, Rabu (25/11).

Meski demikian, survei tersebut menunjukkan konsumen di Asia Tenggara umumnya lebih percaya diri dibandingkan di Asia Timur Laut. Bahkan kepercayaan diri Indonesia paling besar (61%), diikuti oleh Malaysia (44%) dan Filipina (43%). Di sisi lain, konsumen di Korea (17%), Taiwan (17%), Hong Kong (13%) dan Jepang (9%).

Di kelompok responden dengan demografi yang berbeda, konsumen yang lebih muda seperti Generasi Z (31%) dan Milenial (32%) menunjukkan kepercayaan yang lebih besar pada kemampuan mereka untuk menua dengan sehat dibandingkan dengan Generasi X yang lebih tua (26%) dan Generasi Boom + (24%).

Bahkan, lanjut Andam, mayoritas responden di Indonesia memahami pentingnya penuaan yang sehat, dengan lebih dari delapan dari 10 konsumen (82%) telah mengambil langkah-langkah untuk membantu menua dengan sehat.

Langkah-langkah yang dilakukan antara lain telah memperbaiki asupan nutrisi mereka, telah melakukan lebih banyak olahraga reguler, telah melakukan aktivitas yang menstimulusi kesehatan mental, mengkonsumsi suplemen yang mendorong kesehatan, juga telah melakukan pengecekan kesehatan lebih teratur.

“Survei tersebut menunjukan bahwa sebagian besar konsumen atau responden Indonesia telah mulai mempertimbangkan untuk mengadopsi gaya hidup sehat agar dapat menua dengan lebih sehat,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Program Studi Pascasarjana Ilmu Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB) University Dr Rimbawan menambahkan gizi dan gaya hidup mempunyai dampak yang bermakna dalam meningkatkan angka harapan hidup sehat.

Jadi mulailah kebiasaan baik dari usia muda untuk penuaan yang sehat. caranya adalah makan sesuai kebutuhan, sehat rohani, hindari rokok dan stress, istirahat yang cukup, jaga fisik dan pikiran tetap aktif dan bersosialisasi mempunyai dampak positif terhadap umur panjang.

Untuk itu, setidaknya ada tujuh langkah menua dengan sehat, yaitu olahraga rutin, asupan gizi yang cukup, istirahat dan tidur cukup, pemeriksaan kesehatan rutin deteksi dan terapi dini penyakit.

“Selanjutnya adalah hindari perilaku merugikan seperti merokok, kafein, dan makanan tidak sehat. Perkuat spiritual, baik kesehatan mental dan emosional, serta perkuat psikososial atau kesehatan sosial,” tutupnya.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN