Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Co-Founder dan Director Alodokter Suci Arumsari (kanan) dan Ketua Umum PB IDI dr. Daeng M Faqih, SH. MH, (kiri) berfoto bersama usai penandatanganan kerja sama di Jakarta, pada 26 Oktober 2019. ( Foto: Investor Daily / Happy Amanda Amalia )

Co-Founder dan Director Alodokter Suci Arumsari (kanan) dan Ketua Umum PB IDI dr. Daeng M Faqih, SH. MH, (kiri) berfoto bersama usai penandatanganan kerja sama di Jakarta, pada 26 Oktober 2019. ( Foto: Investor Daily / Happy Amanda Amalia )

Kolaborasi Alodokter-IDI Bantu Dokter Beri Pelayanan Terbaik untuk Masyarakat

Happy Amanda Amalia, Selasa, 29 Oktober 2019 | 07:13 WIB

JAKARTA, investor.id – Alodokter sebagai super app kesehatan nomor satu di Indonesia berkolaborasi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang ditandai melalui penandatanganan perjanjian kerja sama antara Alodokter dan IDI pada Sabtu (26/10) di Jakarta.

Kolaborasi tersebut membuat Alomedika – sebagai salah satu platform komunitas dokter terbesar di Indonesia yang merupakan bagian dari Alodokter – bisa mengeluarkan poin satuan kredit profesi (SKP) yang diperlukan oleh dokter untuk memperbarui izin praktik. Kerja sama ini juga menjadikan Alodokter semakin lengkap dalam segala aspek, salah satunya adalah status akreditasi yang diberikan oleh IDI.

Di samping itu, kolaborasi dengan IDI akan semakin memperkuat komitmen Alomedika dalam memenuhi kebutuhan para dokter. Salah satunya adalah kebutuhan akan poin SKP yang digunakan untuk memperbarui surat izin praktik (SIP) dokter setiap lima tahun. Hal ini tentunya memberikan banyak keuntungan dan kemudahan bagi para dokter, karena dapat mempelajari modul dan mengikuti tes secara daring (online).

Dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, dokter diwajibkan untuk terus memperbarui pengetahuan dan keterampilannya, dengan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran terkini.

Ketua Umum Pengurus Besar IDI dr. Daeng M. Faqih mengatakan, perkembangan teknologi tidak bisa ditolak. Ada sisi positif dari perkembangan teknologi 4.0 di mana masyarakat bisa memperoleh informasi yang luar biasa cepat, tetapi kecepatan itu harus dibarengi dengan informasi yang baik dan benar.

Oleh karena, lanjut dr. Faqih, pihaknya mendorong teknologi digital yang resmi dan kredibel, seperti yang dilakukan Alodokter, untuk berkembang di Indonesia guna menyediakan informasi yang cepat dan kredibel.

“Sekarang banyak informasi yang tidak tahu asalnya dari mana dan kadang-kadang dari segi medis tidak benar. Tetapi jika disediakan aplikasi resmi maka masyarakat akan mendapat informasi yang cepat dan betul, bermanfaat dan aman,” ujarnya usai konferensi pers Kolaborasi Alodokter dengan IDI.

dr. Faqih juga mengungkapkan alasannya berkolaborasi dengan Alomedika adalah karena adanya keuntungan strategis yang diperoleh oleh para dokter.

Pasalnya IDI sebagai organisasi profesi bagi dokter yang diakui berdasarkan Undang-undang Nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran mempunyai peran dan tanggung jawab untuk memfasilitasi anggotanya agar dapat tetap menjaga kompetensi, menjaga keilmuannya, menambah informasi keilmuan terbaru. IDI pun harus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi agar fasilitasi tersebut dapat menjangkau seluruh anggotanya.

“Kerja sama ini kami lakukan karena Alodokter merupakan super app kesehatan nomor 1 di Indonesia. Salah satu platform-nya, yaitu Alomedika, juga merupakan salah satu komunitas dokter terbesar yang ada. Maka dari itu, kolaborasi ini tentu akan sangat membantu kami dalam memfasilitasi 161 ribu dokter yang tergabung di IDI dan dokter-dokter lainnya untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran terkini,” kata dr. Faqih.

Selama ini para dokter menambah ilmu dan menambah keahlian harus dengan tatap muka melalui seminar-seminar. Dan itu membutuhkan biaya yang luar biasa, dan tidak bisa dikerjakan setiap saat.

“Tetapi dengan bantuan teknologi 4.0 yg disediakan Alodokter di Alomedika, dokter jadi bisa menambah ilmunya tiap saat, dibuka kesempatan lebar untuk menambah ilmu kedokteran, kemudian biayanya murah. Tidak harus bayar ikut seminar, dan setap saat bisa akses,” tambah dia.

Bagi dokter, lanjut dr. Faqih, itu adalah salah satu cara mendapatkan kelimuan dengan cepat dan gratis. “Dengan kita kembangkan penggunaan digital maka waktu bisa lebih longgar, akses lebih banyak, dan lebih hemat. Untuk saat ini, kami kolaborasi dengan masa kontrak 3 tahun. Nanti kita evaluasi lagi, tapi kami yakin ini bermanfaat bagi dokter dan kita bersedia kerja sama,” tambahnya lagi.

Suasana ruang kerja di kantor Alodokter. ( Foto: Istimewa )
Suasana ruang kerja di kantor Alodokter. ( Foto: Istimewa )

Sekadar informasi Alomedika adalah platform yang dibuat oleh Alodokter untuk mempersiapkan para dokter Indonesia dalam menghadapi era digitalisasi layanan kesehatan, dengan meningkatkan mutu teknologi pelayanan medis berbasis bukti. Melalui platform ini, Alomedika berkomitmen memfasilitasi para dokter dengan informasi medis yang akurat, panduan dokter lengkap dan terkini berbasis bukti, serta sarana untuk berbagi pengalaman dengan dokter lainnya di seluruh Indonesia.

“Dengan kepercayaan yang diberikan oleh IDI kepada Alodokter, kami optimis dapat membantu para dokter dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Indonesia. Selain itu, kolaborasi ini juga mewujudkan komitmen Alodokter untuk menjadi platform yang memberikan solusi dan dukungan kesehatan terlengkap dan terpercaya di Indonesia,” ujar Co-founder dan Director Alodokter Suci Arumsari.

Sementara itu, dr. Alni Magdalena dari Alomedika menyampaikan, dengan status akreditasi yang tersandang, saat ini para dokter bisa memperoleh poin SKP melalui aplikasi Alomedika.

“Hal ini menjadikan aplikasi Alomedika satu-satunya platform dokter terlengkap di Indonesia. Fitur-fitur yang dapat dinikmati para dokter di aplikasi Alomedika mencakup panduan dan referensi medis terkini khusus dokter dalam bahasa Indonesia, fitur diskusi dokter terbesar di Indonesia, fitur interaksi dengan pasien Alodokter, dan fitur untuk mendapatkan SKP secara online," katanya.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA