Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Meditasi: Foto ilustrasi: Investor Daily/IST

Meditasi: Foto ilustrasi: Investor Daily/IST

Lima Manfaat Meditasi Pernapasan, Bukan Sekadar Duduk Diam

Rabu, 21 Juli 2021 | 14:52 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Ternyata, kualitas hidup Anda bisa berubah menjadi lebih baik jika Anda mau memberikan waktu istirahat sejenak kepada diri dan pikiran Anda dengan melakukan meditasi pernapasan. Apa itu meditasi pernapasan?

Prita Yulia Maharani MPsi, Psikolog, konselor dari aplikasi konseling Riliv, menjelaskan bahwa teknik meditasi ini mendorong Anda untuk mengatur pernapasan. Ketika menarik dan mengeluarkan napas, pada saat inilah melepaskan semua beban yang ada di pikiran, sehingga setelah melakukan meditasi bisa merasa lebih tenang.

“Sebenarnya, meditasi pernapasan merupakan jenis meditasi yang paling dasar dan paling umum dilakukan,” ungkapnya dalam keterangan pers.

Prita juga menambahkan kalau melakukan meditasi pernapasan tidaklah sulit, karena hanya perlu meluangkan waktu selama 3-5 menit. Jika masih ragu untuk melakukan meditasi pernapasan, setidaknya ada lima manfaat melakukan meditasi pernapasan. Pertama, meningkatkan mood dan kemampuan regulasi emosi. Saat sibuk beraktivitas, seringkali membuat merasa lelah dan ini berdampak pada mood yang memburuk dan emosi yang tidak stabil. Padahal penting untuk bisa mengendalikan setiap emosi yang muncul, mulai dari emosi marah, senang, sedih, kecewa.

“Kemampuan regulasi emosi yang baik dapat dilatih dengan melakukan meditasi pernapasan,” jelasnya.

Kedua, lanjut dia, memperbaiki kualitas tidur. Bukan rahasia lagi kalau mendapatkan tidur yang berkualitas sangatlah sulit. Padahal setelah seharian bekerja, Anda berharap bisa tidur dengan nyenyak dan memiliki kualitas tidur yang baik. Entah kenapa saat mau tidur, rasanya otak tidak mau berhenti berpikir. Ini semua bisa diatasi jika Anda menyempatkan diri untuk melakukan meditasi pernapasan sebelum tidur.

Selanjutnya adalah melancarkan pencernaan. Prita menjelaskan meditasi pernapasan terbukti membuat kondisi perut menjadi lebih tenang dan nyaman. Selain itu, saat melakukan meditasi, proses penyerapan makanan di dalam perut bekerja secara optimal. Keempat, meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan memperkuat durasi fokus saat beraktivitas. Terakhir, meningkatkan ketenangan batin dan pikiran menjadi lebih fresh, tenang, dan damai.

“Perasaan tenang ini membuat Anda menjadi lebih sabar, pemaaf, dan bijaksana dalam berperilaku karena Anda benar-benar menyadari konsekuensi seperti apa yang akan Anda dapatkan dari perilaku tersebut,” tutupnya.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN