Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi Pemeriksaan Kesehatan

Ilustrasi Pemeriksaan Kesehatan

Meningkat, Kesadaran Masyarakat Periksa Kesehatan

Indah Handayani, Rabu, 10 Juli 2019 | 17:43 WIB

JAKARTA, investor.id - Semakin tingginya kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit degeneratif tidak hanya diikuti dengan tingginya minat masyarakat untuk berolahraga. Tapi, juga semakin meningkatnya tren pemeriksaan kesehatan secara rutin.

Saat ini, menurut dr Bettia M Bermawi SpPK, Dokter Patologi Klinik dari RS St Carolus, kesadaran pemeriksaan kesehatan secara rutin semakin meningkat. Terutama di kota besar seperti DKI Jakarta. Hal itu terjadi karena kesadaran masyarakat untuk mencegah terjadinya penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, stroke, dan lainnya.

“Masyarakat mulai sadar bahwa kesehatan merupakan paling berharga dan menjaga kesehatan berupa pemeriksaan kesehatan secara rutin merupakan investasi masa depan,” ungkap dr Bettia di sela acara kemitraan strategis Prodi dengan Abbott di Jakarta, Selasa (9/7/2019).

Dengan melakukan pemeriksaan secara rutin, lanjut dr Bettia, masyarakat pun mulai menyadari hal-hal yang perlu dipersiapkan dan ditingkatkan untuk masa depan mereka. Mengingat penyakit-penyakit degeneratif tersebut hanya dapat dideteksi dini dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Selain itu, pemeriksaan kesehatan rutin telah menjadi anjuran pemerintah yang tertuang dalam Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) sebagai aksi pencegahan untuk mendapat gaya hidup sehat bagi masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, dr Bettia mengatakan, ketepatan hasil laboratorium sangat penting bagi para dokter. Salah satu faktor kesuksesan dalam mencegah penyebaran suatu penyakit adalah dengan mendapatkan diagnosis dengan cepat, tepat, dan akurat. Sehingga, tindakan selanjutnya dapat diambil baik itu ditujukan untuk pencegahan maupun pengobatan. “Dengan demikian, sangat penting untuk memilih laboratorium klinik yang tepat dengan fasilitas lengkap, layanan berkualitas, teknologi yang mutakhir dan kepatuhan terhadap peraturan serta terakreditasi,” papar dia.

Sementara itu, Dr Dewi Muliaty M.Si, President Direktur Laboratorium Klinik Prodia, menjelaskan saat ini, semakin banyak masyarakat usia dewasa yang menyadari pentingnya pemeriksaan kesehatan secara rutin, dan peningkatan jumlah masyarakat dewasa yang melakukan pemeriksaan kesehatan selama beberapa tahun terakhir ini telah tercatat dengan baik. Hal ini disebabkan tes diagnostik telah memainkan peran penting dalam berbagai aspek kesehatan dan memandu kurang lebih 70% dari keputusan-keputusan klinis yang penting.

Berdasarkan American Association for Clinical Chemistry (AACC), penyakit berisiko tinggi membutuhkan laboratorium dengan fasilitas keselamatan dan keamanan tingkat tinggi. Karena itu, kini semakin banyak institusi kesehatan yang menyadari bahwa kesiapan laboratorium merupakan hal penentu diagnosis, dan bukan hanya pendukung diagnosis.

Untuk itu, Dr Dewi menambahkan guna mengantisipasi kebutuhan pada masa mendatang, pihaknya berinisiatif untuk memperbarui sistem otomatisasi, yaitu penggunaan sistem Total Laboratory Automation (TLA) di laboratorium untuk memproses tes diagnostik dapat membantu memberikan kepastian kepada pasien bahwa mereka akan menerima hasil yang akurat dan tepat waktu terkait dengan kondisi kesehatan mereka. Selain itu, dengan teknologi diagnostik baru milik Abbott, pihaknya dapat meningkatkan waktu penyelesaian hasil pemeriksaan (turn around time) yang lebih cepat, mengurangi potensi kesalahan manusia, dan membantu karyawan kami untuk mengerjakan tugas-tugas baru.

“Dengan peningkatan hasil yang telah diukur dalam lima bulan terakhir ini, kami mampu memenuhi permintaan yang terus meningkat dari para profesional medis dan pasien, melalui akurasi dan presisi,” kata dia.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA