Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Webinar Frisian Flag Indonesia (FFI) bertajuk Konsumsi Berkesadaran untuk Pilihan Asupan yang Lebih Sehat dan Lebih Baik, Investasi Kesehatan untuk Masa Depan, Selasa (6/4).

Webinar Frisian Flag Indonesia (FFI) bertajuk Konsumsi Berkesadaran untuk Pilihan Asupan yang Lebih Sehat dan Lebih Baik, Investasi Kesehatan untuk Masa Depan, Selasa (6/4).

Pahami Arti Logo Pilihan Lebih Sehat pada Produk Siap Konsumsi

Rabu, 7 April 2021 | 05:37 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id  - Mendorong masyarakat untuk menjalani konsumsi berkesadaran, serta memilih produk yang aman dan sesuai kebutuhan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menghadirkan kebijakan pencantuman logo ‘Pilihan Lebih Sehat’ pada produk siap konsumsi. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum memahami dan mengetahui arti dari logo tersebut.

Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM, Dra Rita Endang Apt MKes mengatakan, sesuai UU No. 18/2012 tentang pangan, negara berkewajiban untuk mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan, pemenuhan konsumsi pangan yang cukup, aman, bermutu dan bergizi seimbang yang sejalan arahan dengan badan kesehatan dunia. WHO juga menetapkan dengan tujuan yang tentunya untuk mengurangi risiko penyakit tidak menular yang salah satunya berasal dari pola konsumsi yang tidak sehat. BPOM mengakomodir penggunaan Logo “Pilihan Lebih Sehat” pada bagian utama label yang bertujuan untuk memudahkan konsumen dalam memilih pangan yang lebih sehat.

Pada produk siap minum, salah satu syarat untuk mendapatkan logo ini adalah kandungan gula maksimum adalah 6 gram per 100 ml.

“Dengan penggunaan logo ini diharapkan masyarakat dapat memilih pangan yang lebih sehat. Label ini juga sekaligus mengedukasi dan memberi informasi yang jelas kepada konsumen yang memang menjadi penentu keputusan dalam membeli dan menyediakan pangan sesuai kebutuhannya,” ungkap Rita di sela webinar Frisian Flag Indonesia (FFI) bertajuk ‘Konsumsi Berkesadaran untuk Pilihan Asupan yang Lebih Sehat dan Lebih Baik, Investasi Kesehatan untuk Masa Depan’, Selasa (6/4).

Nutrisionis Seala Septiani SGz Mgizi menambahkan ketika memutuskan asupan untuk dikonsumsi setiap hari, penting bagi masyarakat untuk lebih mindful dan bijak dalam mengambil keputusan. Bukan sekedar memenuhi keinginan, hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah apakah tubuh kita membutuhkan asupan tersebut.

Sebelum memutuskan untuk mengonsumsi sesuatu, terapkan kerangka berpikir berikut untuk lebih mindful dalam memilih produk asupan. Mulai dari pahami kebutuhan tubuh dan konsep gizi seimbang, jangan asal pilih, kenali dan temukan brand yang terpercaya, hingga cermat membaca petunjuk-petunjuk dari kemasan produk.

Ditambahkan Seala, sebagai salah satu sumber protein hewani berkualitas, mudah dicerna, serta praktis untuk dikonsumsi, susu menjadi salah satu pilihan asupan bermanfaat untuk membantu pemenuhan kebutuhan gizi harian. Susu kaya akan berbagai zat gizi, baik makro yaitu protein, karbohidrat, lemak. Maupun mikro berupa vitamin dan mineral yang dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan di setiap fase kehidupan. Seperti membantu menjaga kesehatan tulang, menunjang pertumbuhan, sampai mendukung daya tahan tubuh.

Sementara itu, Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro mengatakan inisiatif BPOM yang juga telah ditindaklanjuti oleh pihaknya dengan menghadirkan produk berlogo 'Pilihan Lebih Sehat' pada rangkaian susu siap minum Purefarm dengan ukuran kemasan terlengkap, yaitu 225ml, 450ml dan 900 ml dalam berbagai varian rasa.

Komitmen ini diwujudkan melalui sejumlah inisiatif, di antaranya rangkaian produk susu cair siap minum yang lebih sehat, pilihan tanpa gula tambahan untuk produk Full Cream, kemasan yang lebih ramah lingkungan.

“Kami berharap ini dapat menjadi solusi yang memudahkan masyarakat, untuk mulai menerapkan konsumsi berkesadaran. Sebagai investasi kesehatan di masa yang akan datang yang dimulai dari memperhatikan logo dan informasi pada kemasan,” tutupnya.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN