Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kampanye cuci tangan

Kampanye cuci tangan

Pemerintah Jalin Kemitraan Swasta Galakkan CTPS

Kamis, 15 Oktober 2020 | 17:09 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Pandemi Covid-19 menjadi pengingat yang kuat bahwa salah satu cara paling efektif dan sederhana untuk menghentikan penyebaran virus dan berbagai penyakit menular lainnya adalah cuci tangan pakai sabun dan air (CTPS).

Untuk itu, bertepatan dengan Hari Cuci Tangan Sedunia pada 15 Oktober 2020, pemerintah menjalin kemitraan dengan swasta dalam menggalakan CTPS melalui Seruan Aksi Nasional 'Tangan Bersih untuk Semua' demi meningkatkan praktik CTPS di Indonesia.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto meminta semua kementerian/lembaga dan pemangku kepentingan untuk mendorong pentingnya praktik cuci tangan pakai sabun demi mencegah penyebaran Covid-19 dan penyakit menular lainnya.

“Saya juga meminta semua mitra untuk menyediakan fasilitas cuci tangan dengan menggunakan air dan sabun di tempat kerja masing-masing. Kementerian Kesehatan juga akan berkolaborasi dengan sektor swasta dan organisasi masyarakat sipil untuk meningkatkan akses ke fasilitas cuci tangan dengan sabun,” kata Menkes dalam keterangan pers diterima Kamis (15/10).

Menkes juga meminta pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk meningkatkan kampanye cuci tangan pakai sabun di daerahnya masing-masing. Selain itu, pemerintah daerah juga diminta untuk menyediakan sarana cuci tangan pakai sabun di seluruh rumah tangga, lembaga, lokasi pariwisata dan tempat umum lainnya.

“Tangan yang bersih menyelamatkan nyawa dari ancaman Covid-19 dan penyakit menular lainnya,” tegas Menkes. 

Tidak hanya itu, Menkes juga meminta semua pihak yang berwenang mempromosikan perubahan perilaku dan praktik bersih melalui kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun secara berkelanjutan.

Sejumlah menteri yang ikut berpartisipasi dalam Seruan Aksi Nasional 'Tangan Bersih untuk Semua' adalah Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri Agama Fahcrul Razi, Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal Abdul Halim Iskandar, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio serta Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Para menteri mengajak semua pemangku kepentingan di kantor kementerian dan juga mitra pembangunan serta pengambil keputusan untuk membantu kampanye cuci tangan pakai sabun di ruang lingkup kerja masing-masing.  

 

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN