Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Karyanto Wibowo, Sustainable Development Director Danone Indonesia yang juga sebagai perwakilan komunitas B Corp di Indonesia, mengatakan di tingkat global pelaku bisnis telah lama berkomitmen untuk menghadirkan bisnis yang memberi dampak positif terhadap lingkungan, ekonomi dan juga sumber daya manusia. Semangat tersebut terwujud melalui B Corporation (B Corp), yaitu sertifikasi internasional untuk perusahaan yang diberikan oleh Lembaga Non Profit B Lab, sebuah lembaga yang mengkampanyekan bisnis untuk kebaikan.

Karyanto Wibowo, Sustainable Development Director Danone Indonesia yang juga sebagai perwakilan komunitas B Corp di Indonesia, mengatakan di tingkat global pelaku bisnis telah lama berkomitmen untuk menghadirkan bisnis yang memberi dampak positif terhadap lingkungan, ekonomi dan juga sumber daya manusia. Semangat tersebut terwujud melalui B Corporation (B Corp), yaitu sertifikasi internasional untuk perusahaan yang diberikan oleh Lembaga Non Profit B Lab, sebuah lembaga yang mengkampanyekan bisnis untuk kebaikan.

Perubahan Gaya Hidup Dorong Tren Penerapan Bisnis Berkelanjutan

Indah Handayani, Kamis, 1 Agustus 2019 | 14:04 WIB

JAKARTA, investor.id - Gaya hidup dan harapan masyarakat telah berubah. Masyarakat muIai mencari pilihan produk untuk dikonsumsi yang lebih sehat tidak hanya bagi mereka tetapi juga lingkungan. Hal ini mendorong tren bisnis baru, menerapkan pola bisnis berkelanjutan dengan memberikan dampak positif terhadap lingkungan.

Dalam survei kepercayaan konsumen global oleh The Conference Board yang dilakukan bekerja sama dengan Nielsen pada 2017, 81% responden global merasa sangat penting bagi perusahaan untuk berperan serta memberikan dampak positif bagi lingkungan. Untuk itu, perusahaan ditantang dapat menerapkan prinsip-prinsip bisnis yang memberikan dampak positif untuk lingkungan, konsumen dan sosial masyarakat serta mendorong tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan.

Karyanto Wibowo, Sustainable Development Director Danone Indonesia yang juga sebagai perwakilan komunitas B Corp di Indonesia, mengatakan di tingkat global pelaku bisnis telah lama berkomitmen untuk menghadirkan bisnis yang memberi dampak positif terhadap lingkungan, ekonomi dan juga sumber daya manusia. Semangat tersebut terwujud melalui B Corporation (B Corp), yaitu sertifikasi internasional untuk perusahaan yang diberikan oleh Lembaga Non Profit B Lab, sebuah lembaga yang mengkampanyekan bisnis untuk kebaikan.

Menurut Karyanto, sertifikasi B Corp diberikan kepada perusahaan yang selama proses audit mampu membuktikan bahwa bisnis prosesnya mulai dari rantai pasok, sistem operasional hingga produk atau service yang dilempar ke pasar bisa memberikan dampak positif dan nilai tambah bagi masyarakat dan lingkungan.

"Adapun kelima aspek yang menjadi perhatian dalam sertifikasi B Corp adalah tata kelola, karyawan, lingkungan komunitas dan konsumen," ungkapnya di Jakarta, Rabu (31/7).

Saat ini, lanjut dia, ada sebanyak 2.933 perusahaan 150 Industri dari 64 negara telah tersertifikasi B Corp. Setiap bulan rata-rata terdapat 27 perusahaan mendapat sertifikasi B corp. Perusahaan B Corp kemudian membentuk gerakan global untuk menciptakan perubahan sistem sosial dan lingkungan serta mendukung tumbuhnya ekonomi inklusif yang berkelanjutan. Di Indonesia, B Corp mulai dikenal sejak 2018. Sejak Itu, B Corp menjadi inspirasi sejumlah perusahaan di Indonesia.

Berbagai manfaat akan menjadi nilai tambah bagi perusahaan bersertifikasi B Corp, diantaranya B Corp mendorong perusahaan menjalankan bisnis dengan memperhatlkan dampak positif terhadap terhadap sosial dan lingkungan.

Karyanto Wibowo, Sustainable Development Director Danone Indonesia yang juga sebagai perwakilan komunitas B Corp di Indonesia, mengatakan di tingkat global pelaku bisnis telah lama berkomitmen untuk menghadirkan bisnis yang memberi dampak positif terhadap lingkungan, ekonomi dan juga sumber daya manusia. Semangat tersebut terwujud melalui B Corporation (B Corp), yaitu sertifikasi internasional untuk perusahaan yang diberikan oleh Lembaga Non Profit B Lab, sebuah lembaga yang mengkampanyekan bisnis untuk kebaikan.
Karyanto Wibowo, Sustainable Development Director Danone Indonesia yang juga sebagai perwakilan komunitas B Corp di Indonesia, mengatakan di tingkat global pelaku bisnis telah lama berkomitmen untuk menghadirkan bisnis yang memberi dampak positif terhadap lingkungan, ekonomi dan juga sumber daya manusia. Semangat tersebut terwujud melalui B Corporation (B Corp), yaitu sertifikasi internasional untuk perusahaan yang diberikan oleh Lembaga Non Profit B Lab, sebuah lembaga yang mengkampanyekan bisnis untuk kebaikan.

Karyanto menambahkan perusahaan yang tersertifikasi B Corp juga harus memastikan tata kelola perusahaannya memberikan dampak yang baik untuk Internal, misalnya dengan memastikan terpenuhinya manfaat kepada karyawan secara finansial maupun non finansial. Perusahaan B Corp juga menjadi bagian tak terpisahkan dalam konteks Sustainable Development Goals (SGDs) yang meliputi 3 dimensi pembangunan berkelanjutan, yaltu lingkungan sosial, dan ekonomi.

"Danone AQUA menjadi perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) pertama di Indonesia yang memperoleh sertifikasi B Corp pada Februari 2018 yang lalu. Hal ini menjadi pembuktian selama perjaianan Danone AQUA dl Indonesia telah menerapkan praktik bisnis yang bertanggung jawab dan berkontribusi dalam mengatasi masalah soslal dan lingkungan," jelas dia.

Lebih lanjut Karyanto mengatakan bahwa sertifikasi B Corp telah mendorong Danone-AQUA melakukan perubahan yang juga berkontribusi pada pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Di samping terus memberikan akses air bersih kepada lebih darl 165.000 penerima manfaat, DanoneAQUA juga mendorong terbentuknya ekonomi lnklusif dengan memberdayakan perempuan melalui mikro distribusi AQUA Home Services.

"Saat Ini ada 7300 lebih Ibu rumah tangga menjadi mitra AHS yang Juga merupakan penyumbang pendapatan keluarga," paparnya.

Di bidang lingkungan, Perusahaannya juga berkomitmen untuk mengumpulkan lebih banyak plastik dari yang di produksi tahun 2025 dan melakukan inovasi produk 100% terbuat dari hasil plastik daur ulang.

"Produk inovatif ini adalah sumbangan kami untuk mengatasi permasalahan plastik di Indonesia.”

Sementara di internal, Perusahaan juga berupaya membangun bisnis yang inklusif dengan meluncurkan program kepemilikan saham karyawan one share one voice.

Kebaikan yang didorong oleh 8 Corp membuat Danone-AQUA mendukung tumbuhnya gerakan 8 Corp di lndonesia. Oleh karena itu menurut Karyanto, pihaknya akan sangat terbuka untuk membantu perusahaan lain yang ingin mendapatkan sertifikasi B Corp.

"Kami bersedia berbagi pengalaman dan mendampingi perusahaan menjalankan proses B Corp assessment," tutup Karyanto.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA