Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Suasana dari luar Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (19/12/2021). Foto:  BeritaSatuPhoto/Joanito De Saojoao

Suasana dari luar Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (19/12/2021). Foto: BeritaSatuPhoto/Joanito De Saojoao

RSDC Wisma Atlet akan Dipertahankan untuk Pasien Virus Corona

Sabtu, 14 Mei 2022 | 23:06 WIB
Hendro Situmorang (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Keberadaan Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet hingga saat ini masih tetap terus dipertahankan untuk menampung pasien yang terpapar virus corona.

Hal itu ditegaskan Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I, Kolonel Laut Jatmiko Haryono kepada Beritasatu.com, Sabtu (14/5/2022).

"Hingga saat ini belum ada instruksi atau perintah penghentian atau penutupan RSDC Wisma Atlet, karena masih dipergunakan," katanya.

Terkait status kedaruratan RSDC, lanjut Jatmiko, belum diketahui secara pasti ke depannya sampai kapan diberlakukan. Hal ini dikarenakan masih dikoordinasikan dengan pemerintah, apalagi para petugas yang bekerja di Wisma Atlet pun masih melakukan perannya masing-masing.

meski tidak ada lagi pasien Covid-19 yang melakukan isolasi di RSDC Wisma Atlet Kemayoran, masa depan RSDC ini masih tetap dipertahankan fungsinya sebagai rumah sakit. Saat ini sedang diusulkan menjadi RS Nubika merupakan singkatan dari Nuklir, Biologi, dan Kimia.

Terkait adanya usulan diusulkan bakal dijadikan Rumah Sakit Nuklir, Biologi, dan Kimia (RS Nubika) ketika tidak ada lagi pasien Covid-19 yang melakukan isolasi di RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Jatmiko mengaku belum mendapatkan kabar tersebut.

"Saya belum mendengar kabar tersebut ya. Nanti tunggu saja kabar selanjutnya," ucapnya.

Sebelumnya, Koordinator Operasional Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran Jakarta, Djatmiko mengatakan, meski tidak ada lagi pasien Covid-19 yang melakukan isolasi di RSDC Wisma Atlet Kemayoran, masa depan RSDC ini masih tetap dipertahankan fungsinya sebagai rumah sakit. Saat ini sedang diusulkan menjadi RS Nubika merupakan singkatan dari Nuklir, Biologi, dan Kimia.

“Dari RSDC sudah mengusulkan akan beralih fungsi menjadi rumah sakit Nubika informasinya. Nuklir, Biologi dan Kimia,” ujarnya usai menerima sumbangan donasi Nose Hygiene dari PT Bintang Kencana Anugrah (BKA) di Tower 2 RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Rabu (30/3/2022).

Djatmiko menuturkan, rencananya RS Nubika akan dikelola oleh TNI. Pasalnya, TNI mempunyai pengalaman dalam penanganan pandemi. Djatmiko menyebutkan, Covid-19 merupakan masalah Biologi. “Jadi nanti mengarahnya lebih besar lagi Rumah Sakit Nubika ini,” ucapnya.

Kendati demikian, Djatmiko menuturkan, usulan RS Nubika ini masih berupa konsep. Selanjutnya. Djatmiko menegaskan, usulan terkait RS Nubika ini hanya untuk Wisma Atlet Kemayoran, sementara untuk Wisma Atlet Pademangan, Rusun Pasar Rumput Manggarai dan Rusun Nagrak Cilincing akan kembali berfungsi seperti semula jika kasus Covid-19 tidak meningkat lagi.

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN