Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi dokter. Foto: IST

Ilustrasi dokter. Foto: IST

SehatQ Dukung RS Terapkan Layanan Telemedicine

Minggu, 18 Oktober 2020 | 11:30 WIB
Emralsyah (emral@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id  - Startup health tech SehatQ memperkenalkan fitur video chat dengan dokter Rumah Sakit dan Klinik. Melalui layanan baru ini, para pengguna bisa memilih rumah sakit pilihannya, dan melakukan tanya-jawab dengan dokter mengenai berbagai kondisi medis yang menjadi perhatian.

Pada awal peluncuran, pengguna sudah dapat terhubung dengan rumah sakit terpopuler di 6 kota di Indonesia. Peluncuran fitur ini merupakan terobosan terbaru SehatQ dalam mendukung rumah sakit menerapkan layanan telemedicine sesuai arahan Kementerian Kesehatan RI.

"Banyak pasien yang ragu untuk ke rumah sakit. Dengan fitur ini, pasien dapat terhubung dengan dokter dari rumah sakit yang terpercaya, dan tentunya kualitas pelayanan pasien akan terjaga sesuai dengan standar rumah sakit tersebut. Para pengguna kini bisa melakukan telekonsultasi dengan dokter dari belasan spesialisasi, termasuk dokter spesialis anak dan penyakit dalam," kata CEO SehatQ, Linda Wijaya.

Selama masa pandemi ini, jumlah kunjungan pasien ke fasilitas kesehatan seperti klinik maupun rumah sakit mengalami penurunan. Pemerintah pun telah menghimbau masyarakat untuk melakukan konsultasi online dengan dokter, untuk mengurangi antrian dan kepadatan di fasilitas kesehatan.

Selaras dengan imbauan tersebut, Kementerian Kesehatan menyarankan rumah sakit membatasi aktivitas praktek rawat jalan, untuk mencegah potensi penularan virus Covid-19.

SehatQ menyadari, banyak pasien dari kelompok rentan yang tidak bisa berobat ke rumah sakit maupun klinik. Misalnya lansia, pasien kanker, diabetes, maupun ginjal, yang justru memerlukan screening maupun perawatan rutin. Dengan peluncuran video chat dokter ini, pasien dapat tetap terhubung dengan dokter untuk memperoleh perawatan lanjutan dan mendapatkan pengarahan apabila diperlukan kunjungan langsung.

Para pengguna bisa mengakses video chat dokter ini melalui situs SehatQ maupun aplikasinya dengan menggunakan smartphone, laptop, maupun desktop. Selain untuk diri sendiri, pengguna dapat melakukan video chat dokter untuk anggota keluarga lainnya, termasuk orangtua dan anak.

“Karena tingginya minat dari rumah sakit dan klinik, SehatQ menargetkan untuk menjadi penyedia layanan telemedicine berbasis rumah sakit dan klinik terlengkap di Indonesia pada akhir tahun ini,” ujar Linda.

Melalui kemitraan dengan fasilitas kesehatan di kota-kota strategis di Indonesia, diharapkan layanan ini dapat menjangkau lebih banyak pengguna.

SehatQ dan rumah sakit yang menjadi mitra layanan video chat dokter ini menjamin kerahasiaan dan keamanan data pengguna. Seluruh data pengguna hanya akan dimanfaatkan untuk kepentingan pemantauan kesehatan dan konsultasi dengan dokter.

Para pengguna dapat memaksimalkan layanan video chat dengan dokter ini untuk menanyakan berbagai hal seputar kondisi kesehatan yang dialami. "Sebisa mungkin, masyarakat memperoleh layanan kesehatan terbaik, meski tetap berada di rumah selama masa PSBB atau new normal ini," ujar Linda. 

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN